%A Dewi Nurnani %L eprintsOLD7708 %X Penelitian berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam The Ramayana Karya R.K. Narayan” ini untuk mendeskripsikan bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam sebuah buku karya penulis India, R.K. Narayan, berjudul The Ramayana, A Shortened Modern Prose Version of The Indian Epic. Nilai-nilai Pendidikan karakter, saat ini, sangat mendesak untuk diberikan terutama kepada semua anak bangsa sebagai generasi masa depan karena di era IT (Information technology) ini semuanya bisa diakses dengan mudah sehingga perlu ada penyaring agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural melalui pengkajian unsur-unsur intrinsik dalam buku tersebut. Data diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara langsung dengan Narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa plot/alur cerita Ramayana dimulai dari peristiwa penculikan Sita oleh Ravana, kemudian terjadi konflik yaitu perang antara Rama dan pasukan kera dengan Ravana dan pasukan raksasanya, dengan klimaks gugurnya Ravana dalam medan peperangan. Tokoh yang terlibat di dalamnya adalah tokoh protagonis yaitu Rama, Sita, Lakshmana, Hanuman, dan Vibishana, sedangkan tokoh antagonis adalah Ravana, Kumbakarna, Soorpanaka, dan Keikayi. Nilai - nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita tersebut meliputi nilai-nilai religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas %K nilai-nilai, pendidikan karakter, Ramayana, The Ramayana %C Surakarta %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM THE RAMAYANA KARYA R.K. NARAYAN %I ISI Surakarta %D 2022