TY - UNPB N2 - Penelitian Terapan ini mengambil judul User Centered Design Sebagai Konsep Pengembangan Desain Inklusif Pada Interior Fasilitas Pendidikan Yayasan Rumah Pengembangan Dan Pemberdayaan Disabilitas Kanwil DIY-Jawa Tengah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan konsep User Centered Design pada interior fasilitas pendidikan Yayasan Rumah Pengembangan dan Pemberdayaan Disabilitas Kanwil DIY dan Jawa Tengah? dan (2) Bagaimana bentuk desain inklusif sebagai model pengembangan fasilitas pendidikan Yayasan Rumah Pengembangan dan Pemberdayaan Disabilitas di setiap kabupaten DIY dan Jawa Tengah? Tujuan penelitian yaitu: 1) Mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan pola desain interior fasilitas pendidikan disabilitas berdasarkan User Centered Design sehingga pengguna dapat menggunakan ruang dengan rasa aman, nyaman, percaya diri, dan lebih bermartabat 2) Membuat alternatif model desain inklusif sebagai model pengembangan fasilitas Pendidikan yang secara psikologis memberikan rasa adil dan kejelasan fungsi ruang sehingga pengguna secara alamiah dapat berpartisipasi terhadap ruang karena tidak adanya sekat-sekat pemisah, dan pengguna juga lebih mandiri dan efektif terhadap aktifitas yang dilakukannya. Penelitian terapan ini merupakan penelitian kualitatif dengan deskriptif analitik dengan pendekatan studi kasus. Pelaksanaan penelitian dijadwalkan dalam jangka waktu enam bulan. Kata Kunci: User Centered Design, Desain Inklusif, Interior, Disabilitas AV - public Y1 - 2024/// UR - http://repository.isi-ska.ac.id CY - SURAKARTA TI - USER CENTERED DESIGN SEBAGAI KONSEP PENGEMBANGAN DESAIN INKLUSIF PADA INTERIOR FASILITAS PENDIDIKAN YAYASAN RUMAH PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN DISABILITAS KANWIL DIY- JAWA TENGAH ID - eprintsOLD7707 A1 - Ariyanto, Ahmad Fajar M1 - project_report PB - ISI Surakarta ER -