%T PELATIHAN PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN FOTO SERTAVIDEO SEBAGAI MATERI BRANDING & PROMOSI MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGUNJUNG PADA MUSEUM DAN GALERI SENI SBY*ANI DI KABUPATEN PACITAN %I Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta %D 2024 %A Agus Heru Setiawan %A Widhi Nugroho %A Nur Rahmat Ardi Candra Dwi Atmaja %L eprintsOLD7702 %X Museum dan Galeri Seni SBY didirikan sebagai penghormatan sekaligus situs untuk mengenang kontribusi Susilo Bambang Yudhoyono beserta mendiang istri Ani Yudhoyono bagi Indonesia. Museum dan galeri seni yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini menjadi cerminan komitmen keduanya terhadap pelestarian seni dan budaya, serta nilai-nilai nasionalisme. Di samping sebagai lokasi yang digunakan sebagai tujuan wisata khas di Pacitan, museum dan galeri seni ini juga berperan sebagai pusat sumber informasi serta wawasan bagi orang yang berkunjung melalui koleksi yang ada di dalamnya. Untuk menaikkan minat dan menjangkau pengunjung yang lebih luas, Museum dan Galeri SBY*ANI menerapkan berbagai strategi promosi. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan promosi dan branding dengan menggunakan media sosial. Untuk kebutuhan inilah, pelatihan dan pengembangan ketrampilan untuk melakukan branding dan promosi melalui portal media sosial dengan menggunakan medium foto dan video bagi staf karyawan museum dan galeri, penting dilaksanakan. Kegiatan PKM ini menitikberatkan pada pemberian pengetahuan dan ketrampilan bagi beberapa staf Museum dan Galeri yang ditunjuk untuk pembuatan konten-konten yang kreatif dan inofatif terkait dengan koleksi dan unit unggulan yang dimiliki melalui pelatihan yang terencana. Disamping itu, pelatihan ini juga memberikan pendampingan sehingga dapat menghasilkan konten promosi dan branding yang kompatibel dan efektif untuk di-posting di media sosial. Konten-konten promosi dan branding museum dan galeri seni tersebut dibentuk dalam format foto dan video tematik sehingga dapat menarik minat pengunjung untuk men %K museum sby*ani, galeri, seni, branding, promosi, media sosial.