eprintid: 7697 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/76/97 datestamp: 2025-08-19 07:19:46 lastmod: 2025-08-19 07:19:46 status_changed: 2025-08-19 07:19:46 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Dipoyono, Achmad creators_name: Triyogo, YB Rahno title: PERPADUAN MONOLOG DAN PANTOMIME SEBAGAI MEDIA EKSPLORASI PROSES KEPELATIHAN DALAM PENCIPTAAN KARYA MONOMIME DI HIMPUNAN TEATER SRAGEN ispublished: unpub subjects: AS divisions: sch_ecs full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: hipotesa, seni peran, pantomime, monolog,monomine. abstract: Himpunan Teater Sragen (HIPOTESA) adalah komunitas teater yang baru terbentuk di Kabupaten Sragen, terdiri dari siswa SMA yang memiliki minat dalam seni peran. Sebagai organisasi baru, HIPOTESA menghadapi tantangan berupa kurangnya pemahaman dan keterampilan dalam seni peran, yang menyebabkan lemahnya sistem kerja dan kualitas anggota. Pendampingan seni peran melalui pelatihan intensif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas aktor teater HIPOTESA. Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta, melalui program pengabdian masyarakat, hadir sebagai pendamping untuk memberikan pelatihan seni monolog dan pantomime kepada anggota HIPOTESA. Pelatihan ini menggunakan metode Theatre Game serta pendekatan “tubuh mengalami” dan “tubuh mengenal” untuk meningkatkan keterampilan seni peran para peserta. Tujuan utama program ini adalah menciptakan ruang kreasi bagi anggota HIPOTESA dalam mengembangkan karya kolaboratif yang dikenal sebagai monomime, yang memadukan elemen monolog dan pantomime. Tahapan pelaksanaan program meliputi persiapan melalui identifikasi kebutuhan, pelaksanaan pelatihan, eksplorasi, pementasan, dan evaluasi hasil. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat manajemen artistik dan produksi teater HIPOTESA, serta membentuk dasar yang kuat untuk pengembangan teater di Sragen. Hasil akhir dari program ini diharapkan tidak hanya meningkatkan keterampilan seni peran, tetapi juga memperkuat kerjasama dan kebersamaan di antara anggota HIPOTESA. Evaluasi berkelanjutan diperlukan untuk menjaga keberlanjutan program dan meningkatkan profesionalisme aktor teater Sragen. date: 2024-04-19 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta pages: 42 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: 1. Kelompok D, Pelajar T, Di SMA, Solo K. Sense of multikulturalisme : 2019;11(1):51–62. 2. Supratman D. Dialog Dan Monolog Sebagai Unsur Persuasi Dalam Iklan. J Seni Rupa. 2015;3(1):19–26. 3. Febrianto D. Penubuhan mimer dalam proses kreatif pertunjukan pantomim Embodiment of mimer in creative process of pantomim performance. Masyarakat, Kebud dan Polit [Internet]. 2015;28(Soedarsono 1998):211–8. Available from: https://e-journal.unair.ac.id/MKP 4. Yalesvita Y, Eliza M. Pelatihan Seni Peran (Akting) Teater Monolog Bagi Siswa-Siswi Dalam Mempersiapkan Kegiatan Fls2N. Batoboh. 2020;5(2):87. 5. Fennessey S. Using Theater Games to Enhance Language Arts Learning. Read Teach. 2006;59(7):688–91. 6. Wail M, Heriyawati Y, Saleh R. Kerja Etnografi dan Imajinasi Sebagai Metode Penciptaan The Ethnography And Imagination Process As The Method Of Producing Theatre Artwork Biografi Garam. Gondang J Seni dan Budaya. 2021;5(1):83–98. 7. Dipoyono A. “Wirasmara” Dalam Format Sajian Teater Tradisi Karya Baru Langen Catur Swara. Tobong J Seni Teater [Internet]. 2021;70–86. Available from: https://jurnal.isi- ska.ac.id/index.php/tobong/article/view/4156%0Ahttps://jurnal.isi- ska.ac.id/index.php/tobong/article/viewFile/4156/3131 8. Imama YN, Dipoyono A. Metode Theater Games sebagai Internalisasi Nilai Karakter dalam Pelatihan Kethoprak Anak Desa Tawangrejo Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri Jawa …. Innov J Soc Sci … [Internet]. 2023;3:8257–73. Available from: http://j- innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5780%0Ahttps://j- innovative.org/index.php/Innovative/article/download/5780/4114 9. Dipoyono A, Imama YN. KETHOPRAK REOG PAGUYUBAN SENI REOG SINGO BHIROWO ( Kolaborasi Kesenian Rakyat sebagai Ekspresi Akulturasi Budaya ). 15(2):101–8. 10. Plesungan D, Gondangrejo K, Karanganyar K, Pendekatan M, Sn ADS, Sn M. Pembinaan seni dan budaya warga dukuh ingasrejo, desa plesungan, kecamatan gondangrejo, kabupaten karanganyar melalui pendekatan seni teater. 2020; 11. Pertunjukan FS. Tari , Karawitan , Dan Kethoprak Sanggar Seni Rama Wijaya Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Tematik ( Kelompok ). 2019; 12. Triyogo YBR. Abdi Seni. 2019;5(1):68–74. Available from: https://jurnal.isi- ska.ac.id/index.php/abdiseni/article/view/3041/2568 13. Triyogo YBR. ZINAH DALAM CERITA PEWAYANGAN : 2018;XV(2). 14. Triyogo YR. Eskatologis Dalam Wayang Purwa: Studi Kasus Kematian Pandu. LAKON J Pengkaj Pencipta Wayang. 2021;18(1):72–82. citation: Dipoyono, Achmad and Triyogo, YB Rahno (2024) PERPADUAN MONOLOG DAN PANTOMIME SEBAGAI MEDIA EKSPLORASI PROSES KEPELATIHAN DALAM PENCIPTAAN KARYA MONOMIME DI HIMPUNAN TEATER SRAGEN. Project Report. Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7697/1/Achmad%20Dipoyono%20-%20UP.pdf