eprintid: 7693 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/76/93 datestamp: 2025-08-19 07:02:49 lastmod: 2025-08-19 08:17:35 status_changed: 2025-08-19 07:02:49 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Imama, Yulela Nur creators_name: Novianto, Wahyu creators_name: Murtono, Taufik title: PENDAMPINGAN TEATER UNTUK KONTEN VIDEO PROMOSI UMKM KERIPIK SINGKONG DI DUKUH MIRI, DESA BULU, KECAMATAN POLOKARTO, KABUPATEN SUKOHARJO ispublished: unpub subjects: AS divisions: sch_ecs full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: UMKM, Promosi, Media Sosial, Logo, Kemasan. abstract: Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting bagi perkembangan ekonomi masyarakat. Terbukti, saat krisis moneter pada 1998 serta pandemi Covid-19 sejak 2020, UMKM mampu menjadi pendorong bangkitnya perekonomian di Indonesia. Dukuh Miri, Desa Bulu, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo merupakan wilayah dengan potensi pangan berupa singkong yang diolah menjadi keripik. Usaha keripik singkong telah menjadi bagian integral dari perekonomian lokal di Dukuh Miri, Desa Bulu, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Produksi keripik singkong ini pemasarannya masih sangat terbatas, hanya sekadar “getok tular” dan disetorkan dari warung ke warung terdekat. Hal ini menjadikan pemasaran produk ini masih sangat terbatas. Melalui pendampingan konten video promosi dan pengembangan e-commerce, usaha ini diharapkan mengalami perkembangan yang signifikan dalam pemasaran dan distribusi produknya. Program ini bertujuan 1) melakukan pendampingan teater untuk penguatan konten promosi UMKM Keripik Singkong di Dukuh Miri, Desa Bulu, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, 2) melakukan pendampingan desain promosi seperti logo dan kemasan produk keripik singkong di UMKM tersebut. Pelaksanaan program meliputi 1) mengidentifikasi masalah, melakukan wawancara dan pengamatan, 2) pembuatan konten video m.elalui tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi, 3) perancangan logo dan kemasan. Pelaksanaan perancangan kemasan sekaligus mencakup sesi pemotretan produk, serta 4) evaluasi konten video, desain logo dan kemasan mencakup faktor ketepatan dan kesesuaian konten dan rancangan dengan tujuan serta nilai dan etika yang berlaku dalam komunikasi pemasaran. Luaran program pengabdian ini antara lain, 1) konten video promosi, 2) desain logo dan kemasan, 3) pendaftaran HKI-hak cipta, 4) artikel ilmiah, dan 5) publikasi media massa date: 2024-10-31 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta pages: 42 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Daftar Pustaka [1] S. Z. Gildin, “Understanding the power of word-of-mouth,” RAM. Revista de Administração Mackenzie, vol. 4, hal. 92–106, 2022. [2] A. Narendra, A. F. S. Prasetya, C. S. Gini, Dewi, Ramadhani, dan R. Fitriyaningrum, “E- Commerce pada UMKM Produksi Keripik Singkong: Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Bina Desa, vol. 3, no. 3, hal. 181–186, 2021. [3] A. K. Pakpahan, “Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah,” Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, hal. 59–64, 2020. [4] E. Krisnawati, “Dramaturgical Analysis of Vlogger’s Impression Management on Social Media,” Komunikator, vol. 12, no. 1, 2020, doi: 10.18196/jkm.121035. [5] M. Rizky Amartha dan F. Anwar, “Strategi Kreatif Membuat Konten Media Sosial TikTok Yang Diminati Remaja,” Jurnal Sosial Dan Humaniora, vol. 1, no. 2, hal. 259–270, 2023. [6] K. K. Rafiah dan D. H. Kirana, “Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor,” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), vol. 2, no. 1, hal. 188–198, 2019, doi: 10.36778/jesya.v2i1.45. [7] Y. N. Imama dan M. Y. Reyes, “Masak, Macak, Manak nowadays through challenge- based research on Nol Dance Creation,” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, vol. 16, no. 2, hal. 75–84, 2021. [8] A. Dipoyono dan Y. N. Imama, “Kethoprak Reog Paguyuban Seni Reog Singo Bhirowo Lakon Suminten Edan (Kolaborasi Kesenian Rakyat sebagai Ekspresi Akulturasi Budaya),” Acintya, vol. 15, no. 2, hal. 101–108, 2023. [9] S. B. Gumelar dan W. Novianto, “Ketoprak Ngampung: Estetika Teater Kerakyatan Di Surakarta,” Tobong: Jurnal Seni Teater, vol. 1, no. 1, 2021. [10] W. Novianto, T. Murtono, dan T. Hudha, “PEMASARAN SENI PERTUNJUKAN RAKYAT DI INDONESIA MELALUI PLATFORM DIGITAL SENIPEDIA. COM,” Acintya, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.isi- ska.ac.id/index.php/acintya/article/view/4575. [11] A. Ghazali dan T. Murtono, “Elevating Solo City’s Brand Through The Essence of Javanese Script into Modern Typeface,” Jurnal Bahasa Rupa, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.instiki.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/1447. [12] K. E. Angela dan T. Murtono, “Perancangan Ulang Desain Website Mamnich sebagai Media Promosi dan Edukasi UMKM fashion Etnik,” Jurnal Bahasa Rupa, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.instiki.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/1450. [13] O. Hapsara, D. W. Sjuchro, T. Murtono, dan ..., “Perspektif digital marketing communication dalam memasarkan skincare di indonesia,” Jurnal Komunikasi …, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/3782. [14] T. Murtono, “DAPUR KAMPUNG: Workshop Desain dan Promosi Makanan Rumahan bagi Masyarakat Terdampak Covid-19,” Abdi Seni, 2021, [Daring]. Tersedia 27 pada: https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/abdiseni/article/view/3878. [15] T. Murtono, “Pendampingan Desain dan Promosi Produk Flaux Chenille UMKM Gunung Perca di Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan, Surakarta,” Abdi Seni, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.isi- ska.ac.id/index.php/abdiseni/article/view/4291. citation: Imama, Yulela Nur and Novianto, Wahyu and Murtono, Taufik (2024) PENDAMPINGAN TEATER UNTUK KONTEN VIDEO PROMOSI UMKM KERIPIK SINGKONG DI DUKUH MIRI, DESA BULU, KECAMATAN POLOKARTO, KABUPATEN SUKOHARJO. Project Report. Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7693/1/Yulela%20Nur%20Imama%20-%20UP.pdf