%I Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta %T PENDAMPINGAN TEATER UNTUK KONTEN VIDEO PROMOSI UMKM KERIPIK SINGKONG DI DUKUH MIRI, DESA BULU, KECAMATAN POLOKARTO, KABUPATEN SUKOHARJO %L eprintsOLD7693 %D 2024 %K UMKM, Promosi, Media Sosial, Logo, Kemasan. %A Yulela Nur Imama %A Wahyu Novianto %A Taufik Murtono %X Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting bagi perkembangan ekonomi masyarakat. Terbukti, saat krisis moneter pada 1998 serta pandemi Covid-19 sejak 2020, UMKM mampu menjadi pendorong bangkitnya perekonomian di Indonesia. Dukuh Miri, Desa Bulu, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo merupakan wilayah dengan potensi pangan berupa singkong yang diolah menjadi keripik. Usaha keripik singkong telah menjadi bagian integral dari perekonomian lokal di Dukuh Miri, Desa Bulu, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Produksi keripik singkong ini pemasarannya masih sangat terbatas, hanya sekadar “getok tular” dan disetorkan dari warung ke warung terdekat. Hal ini menjadikan pemasaran produk ini masih sangat terbatas. Melalui pendampingan konten video promosi dan pengembangan e-commerce, usaha ini diharapkan mengalami perkembangan yang signifikan dalam pemasaran dan distribusi produknya. Program ini bertujuan 1) melakukan pendampingan teater untuk penguatan konten promosi UMKM Keripik Singkong di Dukuh Miri, Desa Bulu, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, 2) melakukan pendampingan desain promosi seperti logo dan kemasan produk keripik singkong di UMKM tersebut. Pelaksanaan program meliputi 1) mengidentifikasi masalah, melakukan wawancara dan pengamatan, 2) pembuatan konten video m.elalui tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi, 3) perancangan logo dan kemasan. Pelaksanaan perancangan kemasan sekaligus mencakup sesi pemotretan produk, serta 4) evaluasi konten video, desain logo dan kemasan mencakup faktor ketepatan dan kesesuaian konten dan rancangan dengan tujuan serta nilai dan etika yang berlaku dalam komunikasi pemasaran. Luaran program pengabdian ini antara lain, 1) konten video promosi, 2) desain logo dan kemasan, 3) pendaftaran HKI-hak cipta, 4) artikel ilmiah, dan 5) publikasi media massa