eprintid: 7688 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/76/88 datestamp: 2025-08-19 06:41:08 lastmod: 2025-08-19 06:41:08 status_changed: 2025-08-19 06:41:08 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Rosalina, Neni Nurul creators_name: Indarto, Indarto creators_name: Budiwiyanto, Joko title: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA EDUKASI DENGAN PRINSIP 4R UNTUK PEMBERDAYAAN GURU RA AT TAQWA SAPEN, MOJOLABAN, SUKOHARJO, JAWA TENGAH ispublished: unpub subjects: AE divisions: sch_hum full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: emberdayaan, Pelatihan, Pendampingan, Alat Peraga Edukasi, Prinsip 4R, TK/RA Alam At Taqwa Sapen abstract: Program Pengabdian Kepada Masyarakat Karya Seni (PKM KS) di Raudhatul Athfal At- Taqwa (RA At-Taqwa) bertujuan untuk membina kreativitas dalam karya seni dan meningkatkan kemampuan serta kompetensi guru-guru RA dalam memanfaatkan limbah sampah sebagai bahan pembuatan Alat Peraga/Permainan Edukatif (APE). Pendekatan ini mengusung konsep aman bagi anak, ramah lingkungan, bersumber dari bahan yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar, dengan biaya pembuatan rendah, dan menerapkan prinsip 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace). Metode pelaksanaan mencakup pelatihan, pendampingan, dan demonstrasi kepada guru- guru RA At-Taqwa. Strategi pelaksanaan melalui Participatory Action Research (PAR) memberikan penekanan pada pemberdayaan, di mana guru-guru didorong untuk meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan bahan bekas sebagai alternatif pembuatan APE. Program ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekolah dengan mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya pemanfaatan potensi kreativitias anak dalam proses pembelajaran. Terbatasnya penggunaan APE belum optimal mengembangkan potensi kreatif anak. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada kesenjangan antara potensi kreativitas anak dan penggunaan sumber daya yang tersedia dalam pembelajaran. Dengan demikian, pelatihan dan pendampingan mengenai pemanfaatan barang- barang bekas menjadi salah satu solusi sebagai sarana untuk merangsang dan mengembangkan kreativitas anak dalam proses belajar-mengajar. date: 2024-03-15 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta pages: 54 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: DAFTAR PUSTAKA 1. Andang I. Education Games (Menjadi cerdas dan ceria dengan permainan edukatif). Yogyakarta: Pilar Media. 2006; 2. Desyanty ES, Wahyuni S, Astuti W, Rahma RA. Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbahan Limbah Rumah Tangga Bagi Pendidik PAUD Terintegrasi Posyandu. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 2020 Apr 16;3(1):32–9. 3. Afifah A. PERAN GURU DALAM MEMILIH ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN POTENSI ANAK USIA DINI DI RA MUAWANATUL FALAH NGETUK KECAMATAN GUNUNUGWUNGKAL KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 [Internet] [masters]. STAIN Kudus; 2017 [cited 2024 Mar 16]. Available from: http://repository.iainkudus.ac.id/1058/ 4. Danley KS, Ellison ML. A Handbook for Participatory Action Researchers [Internet]. 1999 [cited 2024 Mar 16]. Available from: https://repository.escholarship.umassmed.edu/handle/20.500.14038/45353 5. Dewi NK. PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF BARANG BEKAS TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AKHLAKUL KARIMAH KOTABUMI LAMPUNG UTARA [Internet] [Undergraduate]. UIN Raden Intan Lampung; 2019 [cited 2024 Mar 16]. Available from: http://repository.radenintan.ac.id/5769/ 6. Habibi MM. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD). Deepublish; 2018. 210 p. 7. Kustiawan, U. (2013). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: FIP UM. 8. Musbikin, Imam. 2006. Mendidik Anak Kreatif ala Einsten. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 9. Prestiadi, D., Maisyaroh, Arifin, I., & Bhayangkara, A. N. (2020). Meta-Analysis of Online Learning Implementation in Learning Effectiveness. Proceedings - 2020 6th International Conference on Education and Technology, ICET 2020, 109–114. https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276557 10. Prestiadi, D., Maisyaroh, Zulkarnain, W., Nurabadi, A., Arifin, I., Jafar, R. H. A., & Lutfi, M. Z. (2020). The Effectiveness of Online Learning at SIPEJAR Using Video-Based Learning Media. 508(Icite), 535–540. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.291 11. Semiawan, C. R. (2019). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT. Indeks. 12. Zaman, B. (2007). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka https://escholarship.umassmed.edu/psych_cmhsr://escholarship.umassmed.edu/psych_cmhsr/ https://fungsi.co.id/pengertian-4r/ http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index https://www.alatperaga.web.id/product-category/alat-peraga-edukatif-paud/alat-peraga-paud/ citation: Rosalina, Neni Nurul and Indarto, Indarto and Budiwiyanto, Joko (2024) PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA EDUKASI DENGAN PRINSIP 4R UNTUK PEMBERDAYAAN GURU RA AT TAQWA SAPEN, MOJOLABAN, SUKOHARJO, JAWA TENGAH. Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7688/1/Neni%20Nurul%20Rosalina%20-%20up.pdf