eprintid: 7678 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/76/78 datestamp: 2025-08-19 03:52:12 lastmod: 2025-08-19 03:52:12 status_changed: 2025-08-19 03:52:12 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Sandi, Peri creators_name: Setiawan, Sigit title: OPTIMALISASI LITERASI MELALUI SENI PENCIPTAAN PUISI PADA KOMUNITAS ARJASURA SURAKARTA ispublished: unpub subjects: AI divisions: sch_che full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: literacy, puisi, pengabdian, arjasura abstract: Pengabdian Karya Seni ini bertujuan untuk menginvestigasi peran seni penciptaan puisi dalam optimalisasi literasi di Komunitas Arjasura Surakarta. Studi ini melibatkan anggota komunitas Arjasura Surakarta yang terdiri dari penulis puisi dan individu yang tertarik dalam meningkatkan literasi mereka melalui seni. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa seni penciptaan puisi berperan penting dalam meningkatkan keterampilan literasi anggota komunitas. Melalui seni penciptaan puisi, mereka dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, interpretasi teks, dan pengetahuan tentang struktur bahasa. Selain itu, seni penciptaan puisi juga memberikan ruang bagi ekspresi emosi dan pemikiran yang mendalam serta refleksi diri yang lebih baik. Komunitas Arjasura Surakarta menjadi tempat yang mendukung kolaborasi dan pembelajaran timbal balik antara anggota komunitas, yang memperkaya pengalaman literasi mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang pentingnya seni penciptaan puisi dalam meningkatkan literasi dan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan komunitas seni di Surakarta date: 2023-10-31 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta pages: 51 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara Direktorat Pendidikan Masyarakat – Dirjen Pendidikan Non Formal dan Informal. (2010). Program Taman Bacaan Masyarakat Penguatan Keaksaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.( 2017). Panduan Teknis Penyelenggaraan Kampung Literasi 2017. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Faizah, D. U. et. al. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kamil, M. (2003). Model-model Pelatihan. Bandung: UPI. Rohman, A. S. & Lusiana, E. (2017). Gerakan literasi masyarakat Kabupaten Bandung. Shaut al-Maktabah. Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Vol. 9 (1) Silaen, Y. & Hasfera, D. (2018). Membangun Generasi Literat Masyarakat Pesisir Pantai: Gerakan Literasi Tanah Ombak. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10, 103-18. Sudjana, D. (1993). Metoda danTteknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Nusantara Press. Suyono. (2011). Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Malang: Penerbit Cakrawala Indonesia citation: Sandi, Peri and Setiawan, Sigit (2023) OPTIMALISASI LITERASI MELALUI SENI PENCIPTAAN PUISI PADA KOMUNITAS ARJASURA SURAKARTA. Project Report. Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7678/1/Peri%20Sandi%20-%20UP.pdf