eprintid: 7675 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/76/75 datestamp: 2025-08-19 03:39:46 lastmod: 2025-08-19 03:39:46 status_changed: 2025-08-19 03:39:46 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Nugroho, Widhi creators_name: Utami, Citra Dewi creators_name: Yudhitya, Roudlotul Jannati Rochnadia Noorva creators_name: Hakim, Faishal creators_name: Rabbani, Jahfal Muhammad creators_id: citra_de@yahoo.com title: PELATIHAN PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN REELS VIDEO INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK/BRAND KOPI ARABIKA KALIANGKRIK JAVA COFFEE DI DESA NGAWONGGO, DUSUN PENGKOL, KECAMATAN KALIANGKRIK, KABUPATEN MAGELANG ispublished: unpub subjects: AK divisions: sch_man full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: kopi, Kaliangkrik, Instagram, video reels abstract: Pada tahun 2018 kelompok tani Mekar Lestari mencoba mengolah kopi dengan orientasi mutu. Petani mulai mempelajari proses pasca panen dengan mulai memetik hanya biji kopi yang sudah matang/merah yang dipetik. Hal ini berdampak pada kenaikan harga kopi. Pada akhir musim panen tahun 2018 diperoleh total 9.000 kg. Pada bulan Agustus 2019, total 16.000 kg diperoleh dari petani, peningkatan yang hampir signifikan dalam peningkatan hasil kopi. Hingga saat ini kopi Arabika yang dikembangkan di Desa Ngawonggo menjadi salah satu ciri khas desa tersebut. Berkat konsistensi petani dan pengolahan pasca panen, kopi yang awalnya hanya ditanam warga di Desa Ngawonggo akhirnya membawa manfaat bagi desa sekitarnya. Petani dari 5 desa tetangga turut serta membawa hasil panen kopi ke Desa Ngawonggo untuk diolah. Mereka berasal dari Desa Adipuro, Desa Munggangsari, Desa Kaliangkrik, Desa Mangli, dan Desa Sutopati. Dari sinilah lahirnya brand Kopi Arabika Kaliangkrik Java Coffee sebagai identitas dan merek dagang salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Karena mempunyai dampak yang signifikan terhadap desa-desa lain, maka kopi yang berasal dan diolah di Desa Ngawonggo kemudian berkembang menjadi “merek” yang mengikutsertakan asal daerah (kabupaten), yaitu “Kopi Kaliangkrik”. Pelibatan generasi muda yang dilakukan oleh kelompok tani Mekar Lestari merupakan salah satu upaya mendorong program revitalisasi pertanian di Kecamatan Kaliangkrik. Program ini bertujuan untuk mewujudkan upaya revitalisasi pertanian melalui tanaman kopi khususnya kopi arabika yang tumbuh di desa-desa di Kecamatan Kaliangkrik. Harapan hasil yang ingin dicapai dalam program ini adalah partisipasi aktif masyarakat sebagai subjek dalam upaya meningkatkan perekonomian melalui produktivitas kopi. Selain itu, kemandirian petani dalam mengelola upaya promosi dan pemasaran melalui video reels Instagram produk kopi ke desa-desa berdaya menjadi tujuan utama program ini. Gagasan lain yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan nilai tambah (creatingadded value) pada produk pertanian kopi dengan merek Kaliangkrik Java Coffee yang dilakukan oleh kelompok tani Mekar Lestari date: 2023-11-13 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta pages: 25 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: 13 DAFTAR PUSTAKA @BisnisAnakMuda & @TrikPhotoshopID. (2014). Jago Jualan di Instagram. Jakarta. Block, Bruce. (2008). Visual Story (Creating The Visual Structure of Film, TV and Digital Media). Focal Press. Burlington. Richard Putra. (2019). Master Secret Instagram 4.0. Bisnis Milenial. Jakarta. Sumber Internet : https://idwebhost.com/blog/mengenal-igtv-fitur-terbaru-instagram/ diakses pada Senin, 5 Juni 2023 pukul 10.00 WIB. https://idwebhost.com/blog/marketing-instagram-2019/ diakses pada Senin, 5 Juni 2023 pukul 10.50 WIB. https://academy.getcraft.com/id/blog/cara-memaksimalkan-igtv-untuk-kegiatan-content- marketing, diakses pada Senin, 5 Juni 2023 pukul 10.55 WIB. https://academy.getcraft.com/id/blog/pengertian-engagement-di-media-sosial-dan-cara- mengukurnya, diakses pada Senin, 5 Juni 2023 pukul 11.00 WIB. citation: Nugroho, Widhi and Utami, Citra Dewi and Yudhitya, Roudlotul Jannati Rochnadia Noorva and Hakim, Faishal and Rabbani, Jahfal Muhammad (2023) PELATIHAN PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN REELS VIDEO INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK/BRAND KOPI ARABIKA KALIANGKRIK JAVA COFFEE DI DESA NGAWONGGO, DUSUN PENGKOL, KECAMATAN KALIANGKRIK, KABUPATEN MAGELANG. Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7675/1/Widhi%20Nugroho%20-%20UP.pdf