%0 Report %9 Project Report %A Nugroho, Widhi %A Utami, Citra Dewi %A Yudhitya, Roudlotul Jannati Rochnadia Noorva %A Hakim, Faishal %A Rabbani, Jahfal Muhammad %D 2023 %F eprintsOLD:7675 %I Institut Seni Indonesia Surakarta %K kopi, Kaliangkrik, Instagram, video reels %T PELATIHAN PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN REELS VIDEO INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK/BRAND KOPI ARABIKA KALIANGKRIK JAVA COFFEE DI DESA NGAWONGGO, DUSUN PENGKOL, KECAMATAN KALIANGKRIK, KABUPATEN MAGELANG %U http://repository.isi-ska.ac.id/7675/ %X Pada tahun 2018 kelompok tani Mekar Lestari mencoba mengolah kopi dengan orientasi mutu. Petani mulai mempelajari proses pasca panen dengan mulai memetik hanya biji kopi yang sudah matang/merah yang dipetik. Hal ini berdampak pada kenaikan harga kopi. Pada akhir musim panen tahun 2018 diperoleh total 9.000 kg. Pada bulan Agustus 2019, total 16.000 kg diperoleh dari petani, peningkatan yang hampir signifikan dalam peningkatan hasil kopi. Hingga saat ini kopi Arabika yang dikembangkan di Desa Ngawonggo menjadi salah satu ciri khas desa tersebut. Berkat konsistensi petani dan pengolahan pasca panen, kopi yang awalnya hanya ditanam warga di Desa Ngawonggo akhirnya membawa manfaat bagi desa sekitarnya. Petani dari 5 desa tetangga turut serta membawa hasil panen kopi ke Desa Ngawonggo untuk diolah. Mereka berasal dari Desa Adipuro, Desa Munggangsari, Desa Kaliangkrik, Desa Mangli, dan Desa Sutopati. Dari sinilah lahirnya brand Kopi Arabika Kaliangkrik Java Coffee sebagai identitas dan merek dagang salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Karena mempunyai dampak yang signifikan terhadap desa-desa lain, maka kopi yang berasal dan diolah di Desa Ngawonggo kemudian berkembang menjadi “merek” yang mengikutsertakan asal daerah (kabupaten), yaitu “Kopi Kaliangkrik”. Pelibatan generasi muda yang dilakukan oleh kelompok tani Mekar Lestari merupakan salah satu upaya mendorong program revitalisasi pertanian di Kecamatan Kaliangkrik. Program ini bertujuan untuk mewujudkan upaya revitalisasi pertanian melalui tanaman kopi khususnya kopi arabika yang tumbuh di desa-desa di Kecamatan Kaliangkrik. Harapan hasil yang ingin dicapai dalam program ini adalah partisipasi aktif masyarakat sebagai subjek dalam upaya meningkatkan perekonomian melalui produktivitas kopi. Selain itu, kemandirian petani dalam mengelola upaya promosi dan pemasaran melalui video reels Instagram produk kopi ke desa-desa berdaya menjadi tujuan utama program ini. Gagasan lain yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan nilai tambah (creatingadded value) pada produk pertanian kopi dengan merek Kaliangkrik Java Coffee yang dilakukan oleh kelompok tani Mekar Lestari