eprintid: 7648 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 26 dir: disk0/00/00/76/48 datestamp: 2025-08-12 07:55:08 lastmod: 2025-08-12 07:55:08 status_changed: 2025-08-12 07:55:08 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: TAFSIR HUDHA, TAFSIR HUDHA title: PELATIHAN PANTOMIME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF BAGI SISWA SLB PANCA BAKTI MULIA MOJOSONGO JEBRES SURAKARTA LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TEMATIK (PERORANGAN) ispublished: unpub subjects: AZ divisions: sch_eng full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci: Tunarungu, Pantomime, Kemampuan Kognitif. abstract: ABSTRAK SLB Panca Bakti Mulia Mojosongo Jebres Surakarta merupakan yayasan pendidikan yang mewadahi anak-anak tunarungu. Modalitas utama dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak tunarungu baik lisan maupun tulisan, adalah bahasa. Akibat dari terhambatnya bahasa dan komunikasi, maka akan berpengaruh pada perkembangan kognitif dan intelektualnya. Anak tunarungu lebih mengutamakan aspek- aspek lain untuk mengatasi hambatan pendengarannya melalui penglihatannya dalam menerima informasi ataupun pada saat mempelajari sesuatu. Sehingga, banyak interaksi dan komunikasi didalam bermasyarakat, diwujudkan dalam bahasa non verbal. Komunikasi non verbal adalah penyampaian arti atau pesan tanpa kata-kata yang tercermin pada bahasa tubuh dan intonasi verbal. Bahasa tubuh digunakan pada saat kata- kata tidak dapat mewakili perasaan atau situasi yang ada sehingga bahasa tubuh menjadi penting untuk dipelajari terutama bagi penyandang tunarungu. Pantomim adalah suatu pertunjukan teater yang menggunakan tubuh, dalam bentuk ekspresi wajah atau gerak tubuh, sebagai dialog atau penyampaian makna/ceritanya, yang didasarkan pada kehidupan sehari-hari atau realitas yang ada. Pertunjukkan pantomim memang sepenuhnya mengandalkan gerak tubuh dan ekspresi wajah aktor yang disokongoleh iringan musik yang sesuai. Kekuatan utama dari gerak-gerak pantomim adalah gerakan imajinatif, gerak ilustratif maupun gerak imitatif (pantomimus). Dalam menciptakan gerakan-gerakan tersebut membutuhkan ingatan memori dan daya khayal yang tinggi, untuk menginformasikan suatu peristiwa yang tidak ada dan harus diyakini benar (seolah-olah) peristiwanya nyata. Melalui teknik pelatihan pantomim, anak anak tunarungu mengembangkan kecerdasan atau kemampuan kinestetik atau psikomotorik. Kata kunci: Tunarungu, Pantomime, Kemampuan Kognitif. date: 2023-05-30 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: FSP ISI Surakarta pages: 29 institution: ISI Surakarta department: FSP official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Daftar Pustaka Ahmad Thantowi, 1993, Psikologi Perkembangan, Bandung: Angkasa Aubert., Charles. 1970. The Art of Pantomim, New York: Benjamin,Inc., Diana Mutiah, 2010, Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Prenada Media Group Howard Gerdner, 1985, Frame of Mind: The Theory of multiple Intelligences, New York Iswantara. Nur, 2007, Wajah Pantomim Indonesia Dari Sena Didi Mime Hingga Gabungan Aktor Pantomim Yogyakarta, Yogyakarta: Media Kreatifa Iswantara. Nur. . 1999. “Gerak Pantomim, Gerak Perkembangan: Dilihat Dari Dua Kota Indonesia”, Bandung: Laporan Penelitian Mandiri, Program Ekologi Teater Indonesia (PETI) Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI) Bandung. Kurnia, A.. 2014, Model Bimbingan untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 14(2):139-145. Prusdianto, Prusdianto and Rahmaeni, Andi and Mukminin, Rahmatullah and Sain, Muhammad Erwin and Kasin, Besse Ayu Wulandari, 2018, Pembelajaran Pantomim Kepada Tunarungu Sebagai SolusiKomunikatif Terhadap Anak Dengar,. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 287-295. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press) Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas, 2010 Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup, Jl. Gunung Sahari Raya No. 4, Jakarta Pusat Sitti Khorriyatul Khotimah, 2010, Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Tingkat Kreativitas Ditinjau dari Afektif Pada Anak Usia Sekolah, Jurnal Penelitian Psikologi, Vol. 01, No.01 Tadkiroatun Musfiroh, 2008, Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter. Tinjauan Berbagai Aspek Character Buiding. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana http://eprints.unm.ac.id/11300/ https://teateredukasi.blogspot.com/2016/08/memberdayakan-seni-teater-di-sekolah.html https://journal.isi.ac.id/index.php/DTR/article/view/3296/0 https://goo.gl/DYGbub http://www.scribd.com/doc/34124774/7/C-Karakteristik-Penelitian-Pendidikan http://www.whanidproject.com/mencipta-teater-sederhana-dengan-theater-games-part-1/ http://www.nupress.northwestern.edu/content/viola-spolins-theater-games-classroom citation: TAFSIR HUDHA, TAFSIR HUDHA (2023) PELATIHAN PANTOMIME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF BAGI SISWA SLB PANCA BAKTI MULIA MOJOSONGO JEBRES SURAKARTA LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TEMATIK (PERORANGAN). Project Report. ISI Surakarta, FSP ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7648/1/lap_akhir_TAFSIR.HUDA.OK.pdf