eprintid: 7645 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 26 dir: disk0/00/00/76/45 datestamp: 2025-08-12 07:41:26 lastmod: 2025-08-12 07:41:26 status_changed: 2025-08-12 07:41:26 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Yulianto, Yulianto title: PELATIHAN PENERAPAN TEKNIK MARBLING PADA MEDIA KAIN DAN PLASTIK: UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA SISWA TUNA DAKSA SLB-D YPAC SURAKARTA LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TEMATIK (PERORANGAN) ispublished: unpub subjects: AG divisions: sch_murni full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci: Teknik Marbling, Multi sensori, tunadaksa, wirausaha abstract: ABSTRAK SLB-D YPAC Surakarta merupakan sekolah swasta di Kota Surakarta, yang berfokus pada pendidikan dan peningkatan keterampilan melalui pelatihan agar setelah lulus nanti, para siswa bisa mandiri. Tiga tahun terakhir ini SLB-D YPAC Surakarta mengalami penurunan terkait dengan ketercapaian target luaran khususnya pada bidang keterampilan seni. Jenis keterampilan khsusus untuk persiapan ketercapaian keahlian yang dimiliki peserta didik masih terbatas. Kegiatan berbasis keterampilan yang mampu meningkatkan kemampuan ABK, lebih khusus di bidang seni rupa sebagai sarana pengembangan diri masih sangat minim dilakukan. Pelatihan penerapan Teknik Marbling Pada Media Kain Dan Plastik, ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan motivasi secara langsung pada khususnya dalam upaya peningkatan kemampuan motorik halus siswa tunadaksa serta mendorong terciptanya produk wirausaha luaran SLB-D YPAC Surakarta. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan workshop ini menerapkan metode multi sensori dengan pendekatan bermain. Kegiatan pelatihan ini dirancang untuk memberikan dampak positif yang holistik: 1) pelaksana memperoleh ruang untuk melakukan pengabdian masyarakat atas ilmu yang telah ditemukan dan diolah di laboratorium kampus; 2) peserta didik Tunadaksa di SLB-D YPAC Surakarta mendapatkan pengetahuan; pengalaman berkarya, pengetahuan berwirausaha dan motivasi untuk terus berkreativitas 3) para guru memperoleh upgrading ilmu hingga bekal untuk memetakan kembali keterampila di bidang seni rupa sebagai modal dasar berwirausaha; 4) karya yang dihasilkan oleh ABK dalam pelatihan ini mampu hadir sebagai pemicu lahirnya produk-produk kreatif dan estetik sebagai produk unggulan luaran SLB-D YPAC Surakarta Kata kunci: Teknik Marbling, Multi sensori, tunadaksa, wirausaha date: 2022-05-30 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: FSRD ISI Surakarta pages: 18 institution: ISI Surakarta department: FSRD official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: DAFTAR PUSTAKA Aisyah, Siti. 2016. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka. Blomdahl, C., Gunnarsson, A. B., Guregard, S., & Bjorklund, A. (2013). A realist review of art therapy for clients with depression. The Arts in Psychotherapy, 40(3), 322- 330. Retrieved from https://wwwsciencedirectcom.pustaka.ubaya.ac.id/science/article/p ii/S0197455613001123 Edwards, D. 2004. Art therapy. Thousand Oaks: SAGE Publications. Gearheart, Bill R. 1976. Teaching the learning disabled: a combined taskprocess approach. Eric ““SUMINAGASHI” Teknik Melukis Diatas Air” dalam http://j-cul.com/suminagashiteknik-melukis-diatas-air citation: Yulianto, Yulianto (2022) PELATIHAN PENERAPAN TEKNIK MARBLING PADA MEDIA KAIN DAN PLASTIK: UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA SISWA TUNA DAKSA SLB-D YPAC SURAKARTA LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TEMATIK (PERORANGAN). Project Report. ISI Surakarta, FSRD ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7645/1/lap_akhir_Yulianto.ok.pdf