@unpublished{eprintsOLD7636, month = {August}, institution = {Institut Seni Indonesia Surakarta}, year = {2024}, title = {PENDAMPINGAN PRODUKSI KARYA SENI RUPA MOOI INDIE DALAM BENTUK EDIBLE ART SEBAGAI STRATEGI INOVASI PEMASARAN WARISAN REMPAH DI SAECA CAF{\'E}, SURAKARTA}, type = {Project Report}, address = {Fakultas Seni Rupa dan Desain}, author = {Dessy Rachma Waryanti}, publisher = {Fakultas Seni Rupa dan Desain}, keywords = {Edible Art, Sejarah, Rempah Nusantara, Mooi Indie, Inovasi Sensori Visual,}, url = {http://repository.isi-ska.ac.id/7636/}, abstract = {Perancangan edible art rempah Nusantara dengan inspirasi seni lukis mooi indie sebagai rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat akan berkolaborasi dengan mitra UMKM, Saeca, yang fokus pada bisnis minuman rempah dan jamu modern di lingkungan urban. Metode penciptaan produk yang menggambarkan karya seni sejarah rupa dan rempah Nusantara ini akan dilaksanakan sesuai tahapan teori Design Thinking, yakni Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Selain itu, pendekatan penelitian ini melibatkan analisis kualitatif terhadap karakteristik rempah-rempah tradisional Indonesia serta pemahaman mendalam tentang elemen seni Mooi Indie yang meliputi penggunaan warna, pola, dan tekstur. Metode eksplorasi praktis dilakukan melalui perancangan karya Edible Art yang memadukan rempah-rempah dengan teknik aplikasi yang terinspirasi oleh seni Mooi Indie. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang penggunaan rempah-rempah dalam seni kuliner serta memberikan alternatif kreatif dalam merancang pengalaman sensori visual melalui makanan. Kesimpulan dari penelitian ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan lebih lanjut dalam bidang seni kuliner yang menggabungkan unsur-unsur budaya lokal dengan estetika kontemporer. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan produk yang tidak hanya mengangkat nilai budaya lokal, tetapi juga memenuhi kebutuhan pasar yang beragam dalam konteks urban yang modern.} }