eprintid: 7634 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/76/34 datestamp: 2025-08-12 04:11:43 lastmod: 2025-08-12 04:11:43 status_changed: 2025-08-12 04:11:43 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Handriyotopo, Handriyotopo title: STUDI PERUBAHAN IDENTITAS VISUAL “ENJOY SIMPLICITY” MENJADI “YOU RIGHT LINK” PADA BRAND CITILINK GARUDA INDONESIA ispublished: unpub subjects: AE divisions: sch_hum full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: brand Citilink, repositioning, perubahan identitas visual, slogan abstract: Garuda Indonesia merupakan industri transportasi milik pemerintah telah tumbuh besar dengan posisi perusahaan penerbangan yang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Garuda Indonesia ikut meramaikan industri penerbangan domestik dengan nama Citilink. Citilink dengan tag line “Enjoy Simplicity”, mulai mengudara pada tahun 2002. Dalam perkembangan sepuluh terakhir terjadi perubahan identitas visual atau brand identity Citilink dengan konsep tag line menjadi “You Right Link”. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti aspek perubahan identitas visual yang berhubungan dengan citra perusahaan. Metode penelitiannya melalui pendekatan kualitatif deskriptif terhadap fenomena perubahan tersebut untuk diketahui makna perubahannya, secara interpretative hermeunitik metaforis. Bagaimana perubahanperubahan identitas visual itu dilakukan dapat dipersepsi maknanya. Hasil temuan ini tag line Enjoy Simplicity dalam sepeuh tahun terakhir mampu menumbuhkan kepercayaan konsumen pada posisi produk penerbangan low cost carrier dengan ditunjukan beberapa prestasi dalam industry penerbangan cenderung positif bersaing ketat dalam industry penerbangan domestik. Sementara tagline Your Right Link masih dalam posisi branding merek secara visual lebih menarik dan eye catching dibandingkan yang Enjoy Simplicity namun ada kritikan yang membangun dari konsumen yang perlu diperhatikan agar lebih baik dalam mengelola industry penerbangan yang simple dan berprestasi date: 2021-11-17 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: Surakarta institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa Dan Desain official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Balmer, J. M. T., Illia, L., & González del Valle Brena, A. (2013). Contemporary perspectives on corporate marketing: Contemplating corporate branding, marketing and comminications in the twenty-first century. In Contemporary Perspectives on Corporate Marketing: Contemplating Corporate Branding, Marketing and Comminications in the Twenty-First Century. https://doi.org/10.4324/9780203072707 Carlsson, C., & Kristina, L. (2012). Positioning of a brand point of parity. Christine Suharto Cenadi. (1999). Corporate Identity Sejarah Dan Aplikasinya. Nirmana, 1(2), 71–78. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16043 Handriyotopo. (2020). Antara Citra dan Posisioning brand pada Iklan. Prosiding, 1–9. Nastišin, Ľ., & Mudrík, M. (1982). Branding phenomenon and importance of a brand building. Exclusive Journal. Shahri, M. H. (2012). the Effectiveness of Corporate Branding Strategy in MultiBusiness Companies. Australian Journal of Business and Management Research, 01(06), 51–59. https://doi.org/10.52283/nswrca.ajbmr.20110106a06 Soenyoto, F. L. (2015). The Impact of Brand Equity on Brand Preference and Purchase Intention in Indonesia ’ s Bicycle Industry : A Case Study of Polygon. IBuss Management, 3(2), 99–108. Sujan, M., & Bettman, J. R. (1989). The Effects of Brand Positioning Strategies on Consumers’ Brand and Category Perceptions: Some Insights from Schema Research. Journal of Marketing Research, 26(4), 454. https://doi.org/10.2307/3172765 Tadevosyan, L., Mazzucato, L., & Kos-hansen, O. (2008). Corporate Brand Positioning (Issue June). van Riel, C. B. M., & Balmer, J. M. T. (1997). Corporate identity: the concept, its measurement and management. European Journal of Marketing, 31(5/6), 340–355. https://doi.org/10.1108/eb060635 citation: Handriyotopo, Handriyotopo (2021) STUDI PERUBAHAN IDENTITAS VISUAL “ENJOY SIMPLICITY” MENJADI “YOU RIGHT LINK” PADA BRAND CITILINK GARUDA INDONESIA. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7634/1/3.%20Lap%20Akhir-%20Pust%20Handriyotopo-UPLOAD.pdf