eprintid: 7630 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/76/30 datestamp: 2025-08-12 03:43:59 lastmod: 2025-08-12 07:19:10 status_changed: 2025-08-12 03:43:59 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Hartanto, Hartanto title: KREATIVITAS DALAM PELATIHAN TARI TRADISI SURAKARTA DI SANGGAR SENI SEKAR MELATI BLORA ispublished: unpub subjects: AC divisions: sch_geo full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: pelatihan, kreativitas, tari, sanggar. abstract: Laporan ini merupakan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik yang berjudul ”Kreativitas Dalam Pelatihan Tari Tradisi Surakarta Di Sanggar Seni Sekar Melati Blora”. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan apresiasi, pelatihan tari dan kreativitas dalam penggarapan tari tradisi Surakarta di Sanggar Seni Sekar Melati Blora. Sasaran dari kegiatan adalah para pengajar dan siswa didik sanggar. Hasil luaran yang ditargetkan dari kegiatan adalah materi tari Golek Tirta Kencana dan tari Watang, serta terciptanya garapan tari kelompok bentuk bedayan Sesaji sebagai hasil kreativitas. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode Dialogis, metode Ceramah, metode Demonstrasi, dan metode Drill. Metode tersebut dikembangkan dan diintegrasikan dengan perkembangan jiwa para peserta. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi peningkatan mutu dan kualitas kepenarian dari sanggar terutama tari tradisi Surakarta. Para peserta mampu mendemonstrasikan repertoar hasil pelatihan dan karya tari hasil kreativitas yang dipelajari, menguasai materi secara hafal dan benar. Hasil luaran dari pelatihan tari Watang dipentaskan pada acara peringatan Suran tanggal 18 Juli 2024, karya tari bentuk bedayan ”Sesaji Pudya Kusuma Jati” sebagai hasil pelatihan kreatifitas sanggar dipentaskan pada acara kegiatan dalam rangka peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW tanggal 16 September 2024, HKI karya seni hasil kreatifitas dan Jurnal. Pelatihan ini memberikan pemahaman tentang kreativitas dasar, melakukan karya kreatif, mendokumentasikan audio-visual dan mempublikasikan di media massa, agar dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran tari bagi generasi penerus di sanggar. date: 2024-10-30 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Pertunjukan place_of_pub: Fakultas Seni Pertunjukan pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Benny Agus Pribadi dan Dewi Padmo Putri. 2001. Ragam Media dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Hartanto,S.Sn., M.Sn. 2010. Laporan PKM ”Pelatihan Tari Sebagai Wujud Exspresi Kreatif Siswa Siswi SMA Santo Yosef Surakarta”.Institut Seni Indonesia Surakarta. Hartanto,S.Sn., M.Sn. 2015. Laporan PKM ”Kreativitas SD Ta’mirul Islam Surakarta Dalam Pelatihan Tari”. Institut Seni Indonesia Surakarta. Hartanto,S.Sn., M.Sn. 2016. Laporan PKM ”Pelatihan Tari Tradisi Gaya Surakarta Sebagai Upaya Pengembangan Materi Ajar Di Sanggar Tari Sekar Ageng Klaten”. Institut Seni Indonesia Surakarta. Hartanto, S.Sn., M.Sn.2017. Laporan PKM “Kreativitas Sebagai Salah Satu Bentuk Pembelajaran Tari Di SMA N 2 Sukoharjo“. Institut Seni Indonesia Surakarta. Hartanto, S.Sn., M.Sn.2021.Laporan PKM “Kreativitas Sanggar Sang Citra Budaya Surakarta Dalam Pelatihan tari di Masa pandemic Covid-19“. Institut Seni Indonesia Surakarta. Hartanto, S.Sn., M.Sn.2022.Laporan PKM “ Pelatihan Tari di Desa Manyarejo Sebagai Salah Satu Langkah Menuju Desa Wisata“. Institut Seni Indonesia Surakarta. Mangundiharja Slamet. 2005. Pesona Budaya Blora: Suatu Kajian Foklor. Blora : Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blora. Mungkin Eddy Wibawa,2001. Etika dan Moral Dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Paulina Pannen, dkk.2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Prasetyo Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi dan Ketrampilan Mengajar, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Setiono, Andi. 2011. Seri 7: Ensiklopedi Blora: Seni, Tradisi, dan Karya Budaya Tradisional. Jakarta : The Heritage Society. Toeti Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra, 1997. Teori Belajar dan Model- model Pembelajaran, PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. citation: Hartanto, Hartanto (2024) KREATIVITAS DALAM PELATIHAN TARI TRADISI SURAKARTA DI SANGGAR SENI SEKAR MELATI BLORA. Project Report. Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7630/1/9.%20Hartanto.pdf