eprintid: 7623 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 26 dir: disk0/00/00/76/23 datestamp: 2025-08-12 02:44:20 lastmod: 2025-08-12 02:44:20 status_changed: 2025-08-12 02:44:20 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Panindias, Asmoro Nuirhadi title: ARTIFICIAL INTELLIGENCE DENGAN DATASET VISUAL BUDAYA NUSANTARA PADA SENI SEKUENSIAL PENELITIAN DASAR ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci: Artificial Intelligence, Seni sekuensial, visual budaya Nusantara, dataset abstract: Seni sekuensial merupakan salah satu bentuk seni rupa yang berkembang di Indonesia. Seni sekuensial sendiri merupakan gabungan antara gambar dan teks yang disusun secara berurutan untuk menceritakan suatu cerita. Seiring dengan perkembangan teknologi, seni sekuensial juga mengalami perubahan. Salah satu perubahan tersebut adalah penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pembuatan seni sekuensial. Penggunaan AI dalam pembuatan seni sekuensial dapat membantu mempercepat proses pembuatan dan meningkatkan kualitas dari hasil karya yang dihasilkan. Meskipun penggunaan AI dalam pembuatan seni sekuensial dapat membantu mempercepat proses pembuatan dan meningkatkan kualitas dari hasil karya yang dihasilkan, namun penggunaan AI tersebut belum banyak dilakukan di Indonesia. Selain itu, penggunaan AI dalam pembuatan seni sekuensial juga belum banyak menggunakan pendekatan visual budaya Nusantara. Model yang digunakan adalah ADDIE date: 2023-10-30 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: FSRD ISI Surakarta pages: 59 institution: ISI Surakarta department: FSRD official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: DAFTAR PUSTAKA Aulia, Muhammad Fian. 2018. “Desain Karakter Pangeran Sambernyawa Berdasarkan Adaptasi Cerita Rakyat Karya Yuliadi Soekardi.” Bandung: Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/142451/slug/desainkarakter- pangeran-sambernyawa-berdasarkan-adaptasi-cerita-rakyat-karya-yuliadisoekardi. html. avcontentteam. 2023. “10 Best AI Image Generator Tools to Use in 2023.” Analytics Vidhya (blog). August 17, 2023. https://www.analyticsvidhya.com/blog/2023/08/ai-imagegenerators/. Bird, Jordan J., and Ahmad Lotfi. 2023. “CIFAKE: Image Classification and Explainable Identification of AI-Generated Synthetic Images.” arXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2303.14126. Chen, Junyu, Jie An, Hanjia Lyu, and Jiebo Luo. 2023. “Learning to Evaluate the Artness of AI-Generated Images.” arXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2305.04923. Cui, Mingzhu, Mansoo Kim, Suji Choi, and Sangwon Lee. 2022. “The Usage and Impact of GAN in Graphic Design.” Archives of Design Research 35 (4): 285-307. https://doi.org/10.15187/adr.2022.11.35.4.285. Dehouche, Nassim, and Kullathida Dehouche. 2023. “What Is in a Text-to-Image Prompt: The Potential of Stable Diffusion in Visual Arts Education.” arXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2301.01902. Djatiprambudi, Djuli. 2019. “Reinvensi Budaya Visual Nusantara Sebagai Basis Penciptaan Seni Rupa (Kontemporer).” In . Universitas Negeri Surabaya: Jurusan Seni Rupa dan Jurusan Desain. Eisner, Will. 1990. Comics & Sequential Art. Poorhouse Press. Fathoni Setiawan. 2019. “Budaya Visual Nusantara Dalam Dimensi Baru.” In , 177–83. Universitas Negeri Surabaya: Jurusan Seni Rupa dan Jurusan Desain. Jena, B, S Saxena, GK Nayak, L Saba, N Sharma, and ... 2021. “Artificial Intelligence-Based Hybrid Deep Learning Models for Image Classification: The First Narrative Review.” Computers in Biology …, no. Query date: 2023-08-19 10:44:04. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0010482521005977. Liu, Vivian, and Lydia B. Chilton. 2021. “Design Guidelines for Prompt Engineering Text-to- Image Generative Models.” arXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2109.06977. Lyu, Yanru, Xinxin Wang, Rungtai Lin, and Jun Wu. 2022. “Communication in Human–AI Co-Creation: Perceptual Analysis of Paintings Generated by Text-to-Image System.” Applied Sciences 12 (22): 11312. https://doi.org/10.3390/app122211312. McCloud, Scott. 2007. Membuat komik: Rahasia Bercerita Dalam Komik, Manga dan Novel Grafis. Translated by Alpha Febrianto. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Meidiska, Aulia. 2023. “Teknologi AI Untuk Karya Seni: Tantangan Atau Keuntungan?” DISRUPTO. March 23, 2023. https://www.disrupto.co.id/journal/teknologi-ai-untukkarya- seni-tantangan-atau-keuntungan. Pamela. 2023. “AI Image Generators, Bikin Karya Seni Digital Semakin Mudah Dibuat.” Ajaib Kripto (blog). February 1, 2023. https://kripto.ajaib.co.id/ai-image-generators/. Qiao, Han, Vivian Liu, and Lydia Chilton. 2022. “Initial Images: Using Image Prompts to Improve Subject Representation in Multimodal AI Generated Art.” In Proceedings of the 14th Conference on Creativity and Cognition, 15–28. C&C ’22. New York, NY, USA: Association for Computing Machinery. citation: Panindias, Asmoro Nuirhadi (2023) ARTIFICIAL INTELLIGENCE DENGAN DATASET VISUAL BUDAYA NUSANTARA PADA SENI SEKUENSIAL PENELITIAN DASAR. Project Report. ISI Surakarta, FSRD ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7623/1/lap_akhir_ASMORO%20NURHADI.ok.pdf