eprintid: 7620 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/76/20 datestamp: 2025-08-12 02:29:47 lastmod: 2025-08-12 07:24:54 status_changed: 2025-08-12 02:29:47 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Prilosadoso, Basnendar Herry title: OPTIMALISASI UMKM DESA BAGOR, MIRI SEBAGAI PENOPANG OBYEK WISATA THE NEW KEMUSUK, SRAGEN MELALUI PELATIHAN ASPEK PEMASARAN MEDSOS INSTAGRAM DAN PRODUK KEMASAN (PACKAGING) ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: UMKM, Desa Bagor, Medsos Instagram, Pendampingan, Design Thinking abstract: Objek wisata religi The New Kemukus yang terletak di Kecamatan Sumberlawang, Sragen terus dipercantik yang dulu dikenal karena stigma negatifnya itu, kini telah bertransformasi menjadi ikon wisata baru di Bumi Sukowati. Pemkab Sragen mengalokasikan anggaran pembangunan serta mempersiapkan badan layanan umum daerah (BLUD) untuk mengelola Gunung Kemukus. Wilayah The New Kemukus terletak dari bagian wilayah Desa Bagor, Miri, Sragen sebagai desa agraris dengan kondisi sosial budaya, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur masyarakat yang memiliki 18 UMKM, seperti produk olahan makanan, konveksi, kuliner, mainan anak, dan usaha lainnya. Pemberdayaan masyarakat merupakan konsep pembangunan ekonomi pada masyarakat yang merangkum nilai-nilai masyarakat untuk membangun cara pandang baru masyarakat terhadap diri dan lingkungannya yang bersifat people centered, partisipatif, pemberdayaan, dan berkelanjutan. Beberapa pelatihan dalam rangka peningkatan baik secara produk, baik kuantitas, pengolahan produk olahan maupun aspek manajerial lainnya. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ini dari observasi terdiri 2 (dua) aspek, seperti belum adanya kemampuan promosi di medsos Instagram dan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produknya. Hootsuite Social trends 2021 menyebutkan bahwa Instagram menduduki posisi pertama sebagai platform media sosial paling efektif untuk mempromosikan bisnis. Instagram memiliki penetrasi tinggi langsung ke pasar sebesar 70%, sehingga berbagai bisnis mengikuti trend untuk menggunakan Instagram dalam mempromosikan produknya. Kegiatan ini sesuai Rencana Induk PPM ISI Surakarta bidang fokus PPM Penerapan Seni dan Teknologi Tepat Guna pada PPM untuk rekayasa aplikasi teknologi berbasis seni yang bertujuan Penerapan seni untuk diversifikasi produk kreatif. Metode kegiatan pendampingan promosi medsos (Instagram) dan kemasan menggunakan metode Design Thinking (Gavin Ambrose dan Paul Harris, 2010) melalui tahapan, yaitu : Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implementation, dan Learn. Luaran wajib PKM berupa artikel ilmiah (submitted) di jurnal terindeks Sinta, presentasi hasil kegiatan, Surat Keterangan Penerapan IPTEKS dari mitra, serta luaran tambahan berupa publikasi kegiatan di media massa, dan ajuan KI berupa Hak Cipta Desain Feed Instagram UMKM Desa Bagor. date: 2024-11-30 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Rupa dan Desain place_of_pub: Fakultas Seni Rupa dan Desain pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68 Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Strategi Digitalisasi UMKM untuk Pemulihan Ekonomi. Jakarta: Kemenkop UKM. Miles, J. (2014). Instagram Power: Build Your Brand and Reach More Customers with Visual Influence. McGraw-Hill Education. Prilosadoso BH. Pengembangan Potensi Masyarakat Melalui Industri Kreatif Sebagai Rintisan Desa Wisata Di Desa Kundisari, Kedu, Temanggung. Abdi Seni. 2019;10(1):1-12 Prilosadoso BH, Rosmiati A. Identitas Visual Desa Wisata Batik Cokrokembang Melalui Environment Graphic Design Sebagai Pengembangan Di Kabupaten Pacitan. Acintya. 2017; 9(1):68-73 Penetapan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Penelitian Tahun 2021-2025. Institut Seni Indonesia Surakarta. Oktiyanti T, Wulandari I. Pelatihan Penyusunan Anggaran Pada Pelaku UMKM Di Desa Bagor, Kabupaten Sragen. JPkMN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara. 2023;4(4):4034 Prajarini D, Rahardjo ST. Pendampingan Pemanfaatan TIK Untuk Administrasi Data Umkm Desa Wisata dan Kerajinan Gamplong. Abdimas Dewantara. 2018;1(1):65-70 Gozali A, Prasetyo REB, Prilosadoso BH. Peningkatan UMKM Desa Wisata Wayang Kepuhsari, Manyaran, Wonogiri Melalui Perancangan Display Produk Souvenir Melalui Figur Punakawan. Abdi Seni. 2019;11(2):30-35 Oktiyanti T, Wulandari I. Pelatihan Penyusunan Anggaran Pada Pelaku UMKM Di Desa Bagor, Kabupaten Sragen. JPkMN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara. 2023;4(4):4039 Fitriani Y. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Peningkatan Pemasaran Produk Usaha Konveksi. JH . 2022;2(1):63-67 Puspitarini DS, Nuraeni R. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 2019;3(1):71-80 Rakhmawati A. Pelatihan Strategi Pemasaran Produk komoditas Unggulan bagi Masyarakat Desa Ngunggahan Wonogiri melalui Unggahan Media Sosial. Journal Of Human And Education (JAHE), 2021;1(1):13-17 Prilosadoso BH, Sutedjo A, Soewasta M. Media Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Melalui Teknologi Cetak Saring Untuk Pembuatan Souvenir Sebagai Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan Di Desa Wisata Betisrejo, Sragen. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 2017;2(2):99-108 Ambrose G, Harris P. Design Thinking. Switzerland: AVA Publishing. 2010 Purnomo E, Dida S, Setianti Y, Cahyani FI, Desman MA. Pengaruh Aktivitas Sosial Media Terhadap Kesadaran Brand dan Loyalitas Brand Olahraga. Jurnal Patriot. 2022;4(4):287-300 Anasrulloh M, Basiron. Pelatihan Pembuatan Kemasan (Packaging) untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kue Kacang Emping Melinjo. J-Adimas, 2017;5(1):26-30 Susanti R, Purwandari S, Prilosadoso BH. Model of Tourism Village Development in Karangasem Village, Bulu District, Sukoharjo Regency as Family Tourist Destinations Based on Local Wisdom. In 4th Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2022 (BIS-HSS 2022). Atlantis Press. 2022:1397-1402 Susanti R, Purwandari S, Prilosadoso BH. Sustainable Tourism Village Development Through Strengthening Collaborative Governance Strategy. International Journal of Social Science. 2023;3(4):403-410 Susanti R, Purwandari S, Prilosadoso BH. Penta Helix as Strategy of Tourism Village Development in Karangasem Village, Bulu District, Sukoharjo Regency. International Journal of Social Science. 2022;2(4):1979-1984 citation: Prilosadoso, Basnendar Herry (2024) OPTIMALISASI UMKM DESA BAGOR, MIRI SEBAGAI PENOPANG OBYEK WISATA THE NEW KEMUSUK, SRAGEN MELALUI PELATIHAN ASPEK PEMASARAN MEDSOS INSTAGRAM DAN PRODUK KEMASAN (PACKAGING). Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7620/1/4.%20Basnendar%20Herry%20Prilosadoso.pdf