eprintid: 7607 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/76/07 datestamp: 2025-08-11 05:08:05 lastmod: 2025-08-11 05:08:05 status_changed: 2025-08-11 05:08:05 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Yudhitya, Roudlotul Jannati Rochnadia Noorva creators_name: Utami, Citra Dewi creators_name: Asran, Diana Safinda creators_name: Dira, Dikho Pradiva Putra creators_name: Nuraini, Anike Dzun title: PELATIHAN DIGITAL MARKETING GURU SDI AISYIYAH JATINOM BLITAR GUNA PENGUATAN BRANDING SEKOLAH ispublished: unpub subjects: AK divisions: sch_man full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Audio Visual, Branding, Karya Seni, Pemasaran Digital, Sekolah abstract: Salah satu fokus PKM ISI Surakarta adalah seni untuk masyarakat. Peningkatan kompetensi di bidang seni audio visual diharapkan mampu mendinamisasi kehidupan dan mensolusikan permasalahan. Sekolah swasta dituntut untuk terus berinovasi dalam upaya mendatangkan peserta didik baru, tak terkecuali SDI Aisyiyah Jatinom Kota Blitar yang memiliki keunggulan dalam pembelajaran life skill education. Calon peserta didik dapat dianalogikan sebagai konsumen potensialnya. Pada hal ini, guru tidak hanya dituntut untuk dapat memfasilitasi pembelajaran namun juga mampu berperan lebih sebagai agen pemasaran melalui penyebaran proses dan hasil belajar yang telah dijalankannya. Permasalahan yang teridentifikasi adalah belum dikuasainya kompetensi digital marketing oleh para guru. Situasi tersebut menjadi latar belakang pengusulan program PKM ini. Tujuan dari PKM ini adalah pengenalan digital marketing kepada para guru serta pendampingan dalam pembuatan koten audio visual sebagai materi promosi keunggulan sekolah. Marketing 5.0 adalah teknologi yang dioptimalkan untuk menciptakan pengalaman bagi konsumen di era digital saat ini. Para guru sebagai pelaku pembelajaran menjadi subyek potensial dalam penyebaran pengalaman tersebut. Program ini ditargetkan dapat menghasilkan karya seni audio visual yang diajukan KI untuk mendukung indikator kinerja utama (IKU) institusi. Pelatihan digital marketing dan pendampingan pembuatan konten audio visual terpilih sebagai metode dalam PKM ini. Karya seni yang dihasilkan akan diunggah melalui media sosial masing-masing guru sebagai bentuk pemanfaatan luaran Tri Dharma oleh masyarakat. Keberlanjutan program ini ditandai dengan semakin banyaknya konten-konten yang diunggah oleh mitra. Luaran dari PKM ini adalah karya seni, publikasi media masa, artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal berkala dan forum ilmiah. date: 2023-10-31 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta pages: 67 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: DAFTAR PUSTAKA Asih, R. R. D., & Kristaung, R. (2022). Perancangan Komunikasi Pemasaran Digital melalui Media Sosial di Era Industri 4.0 di Sekolah Cordova. Dirkantara Indonesia, 1(1), 31-36. Hoyer, W. D., Kroschke, M., Schmitt, B., Kraume, K., & Shankar, V. (2020). Transforming the customer experience through new technologies. Journal of interactive marketing, 51(1), 57-71. Kartajaya, H., Setiawan, I., & Kotler, P. (2021). Marketing 5.0: Technology for humanity. John Wiley & Sons. Kromidha, E., & Robson, P. J. (2021). The role of digital presence and investment network signals on the internationalisation of small firms. International Small Business Journal, 39(2), 109-129. Sudiwijaya, E., & Amalia, A. (2021). Pendampingan Promosi Digital SMA Muhammadiyah Piyungan untuk Meningkatkan Jumlah Pendaftar di Masa Pandemi Covid 19. Warta LPM, 24(2), 217-229. Suprayogi, S., Permatasari, B., Puspita, D., Prasetyo, L., & Ahmad, S. (2022) EVERY WORD MATTERS: MEMBANGUN SCHOOL BRANDING MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING. Al-Mu’awanah – Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 3, No 1. 169-175 Disdakmen PP Muhammadiyah. (2023). Tugas dan Fungsi. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah. https://dikdasmenppmuhammadiyah.org/tugas- fungsi/#:~:text=Tugas%20dan%20Fungsi%20Majelis%20Dikdasmen,rangka%2 0mencerdaskan%20kehidupan%20umat%20manusia. , diakses pada 22 Mei 2023 Sampurno, Mardi. (2022). Jumlah Murid Baru SD Negeri Menurun. Jawa Pos. https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/26/08/2022/jumlah-murid-baru-sd- menurun/ , diakses pada 22 Mei 2023 citation: Yudhitya, Roudlotul Jannati Rochnadia Noorva and Utami, Citra Dewi and Asran, Diana Safinda and Dira, Dikho Pradiva Putra and Nuraini, Anike Dzun (2023) PELATIHAN DIGITAL MARKETING GURU SDI AISYIYAH JATINOM BLITAR GUNA PENGUATAN BRANDING SEKOLAH. Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7607/1/Roudlotul%20Jannati%20Rochnadia%20Noorva%20Yudhitya%20-%20UP.pdf