%0 Report %9 Project Report %A Yudhitya, Roudlotul Jannati Rochnadia Noorva %A Utami, Citra Dewi %A Asran, Diana Safinda %A Dira, Dikho Pradiva Putra %A Nuraini, Anike Dzun %D 2023 %F eprintsOLD:7607 %I Institut Seni Indonesia Surakarta %K Audio Visual, Branding, Karya Seni, Pemasaran Digital, Sekolah %T PELATIHAN DIGITAL MARKETING GURU SDI AISYIYAH JATINOM BLITAR GUNA PENGUATAN BRANDING SEKOLAH %U http://repository.isi-ska.ac.id/7607/ %X Salah satu fokus PKM ISI Surakarta adalah seni untuk masyarakat. Peningkatan kompetensi di bidang seni audio visual diharapkan mampu mendinamisasi kehidupan dan mensolusikan permasalahan. Sekolah swasta dituntut untuk terus berinovasi dalam upaya mendatangkan peserta didik baru, tak terkecuali SDI Aisyiyah Jatinom Kota Blitar yang memiliki keunggulan dalam pembelajaran life skill education. Calon peserta didik dapat dianalogikan sebagai konsumen potensialnya. Pada hal ini, guru tidak hanya dituntut untuk dapat memfasilitasi pembelajaran namun juga mampu berperan lebih sebagai agen pemasaran melalui penyebaran proses dan hasil belajar yang telah dijalankannya. Permasalahan yang teridentifikasi adalah belum dikuasainya kompetensi digital marketing oleh para guru. Situasi tersebut menjadi latar belakang pengusulan program PKM ini. Tujuan dari PKM ini adalah pengenalan digital marketing kepada para guru serta pendampingan dalam pembuatan koten audio visual sebagai materi promosi keunggulan sekolah. Marketing 5.0 adalah teknologi yang dioptimalkan untuk menciptakan pengalaman bagi konsumen di era digital saat ini. Para guru sebagai pelaku pembelajaran menjadi subyek potensial dalam penyebaran pengalaman tersebut. Program ini ditargetkan dapat menghasilkan karya seni audio visual yang diajukan KI untuk mendukung indikator kinerja utama (IKU) institusi. Pelatihan digital marketing dan pendampingan pembuatan konten audio visual terpilih sebagai metode dalam PKM ini. Karya seni yang dihasilkan akan diunggah melalui media sosial masing-masing guru sebagai bentuk pemanfaatan luaran Tri Dharma oleh masyarakat. Keberlanjutan program ini ditandai dengan semakin banyaknya konten-konten yang diunggah oleh mitra. Luaran dari PKM ini adalah karya seni, publikasi media masa, artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal berkala dan forum ilmiah.