eprintid: 7602 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/76/02 datestamp: 2025-08-11 04:01:08 lastmod: 2025-08-11 04:01:08 status_changed: 2025-08-11 04:01:08 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Sukesi, Sukesi creators_name: Aji, Ananto Sabdo creators_name: Rosida, Silvia Nafisatur title: MENJELAJAHI WANGSALAN BEI MARDUSARI: PELATIHAN SINDEN REMAJA DI SANGGAR PARIKESIT KABUPATEN SUKOHARJO ispublished: unpub subjects: AI divisions: sch_che full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: wangsalan; sinden; bei mardusari; remaja abstract: Pengabdian kepada masyarakat ini mengangkat tema pelatihan sinden remaja dalam menjelajahi wangsalan Bei Mardusari di Sanggar Parikesit Kabupaten Sukoharjo. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan pelestarian seni tradisional Jawa, khususnya seni wangsalan Bei Mardusari. Sanggar Parikesit di Kabupaten Sukoharjo menyadari pentingnya melibatkan generasi muda dalam menjaga dan mengembangkan seni ini. Oleh karena itu, harus diadakan pelatihan khusus yang bertujuan untuk memperkenalkan, melatih, dan mendalami sindhènan terkhusus wangsalan Bei Mardusari kepada para remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelajahi teknik vokal dalam wangsalan Bei Mardusari, melatih keterampilan vokal para remaja, dan mengembangkan pemahaman mereka tentang filosofi dan nilai-nilai yang terkandung dalam seni tersebut. Metode yang digunakan adalah pelatihan intensif dengan bimbingan instruktur yang berpengalaman dalam sindhènan gaya Surakarta. Para remaja diberikan latihan vokal, pemahaman teoritis, serta kesempatan untuk berkolaborasi dan tampil di depan publik. Hasil dari pelatihan ini akan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan vokal para remaja. Mereka mampu menguasai teknik sindenan dengan wangsalan Bei Mardusari, mengungkapkan emosi dan ekspresi melalui vokal, dan menerapkan filosofi serta nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pelatihan ini juga membantu para remaja mengembangkan rasa percaya diri, disiplin, kerjasama, dan kreativitas. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya melibatkan generasi muda dalam melestarikan seni tradisional. Pelatihan sinden remaja dalam menjelajahi wangsalan Bei Mardusari di Sanggar Parikesit Kabupaten Sukoharjo memberikan kontribusi dalam pelestarian seni tersebut, pengembangan potensi vokal para remaja, pengembangan pariwisata budaya, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya warisan budaya dan keberlanjutan seni tradisional di era modern date: 2023-05-31 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta pages: 34 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Uce, Loeziana. 2021. “The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak”, https://core.ac.uk/download/pdf/228450173.pdf, diakses 19 Mei 2022 Adzharuddin, Nor Azura dan Ling, Nor Azura., 2013, Learning Management System (LMS) among University Students: Does It Work?, International Journal of eEducation, e-Business, e-Management and e-Learning, Vol. 3, No. 3 Basori, 2013, Pemanfaatan Social Learning Network Edmodo dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS, JIPTEK, Vol No. 21, 99-105. Boyd, D. M. & Ellison, N. B, 2008, Social network sites: definition, history, and scholarship, Journal of Computer-Mediated Communication,13, 1, 210– 230. Cahyono, Yulius Dwi, 2015, E-Learning (Edmodo) Sebagai Media Pembelajaran Sejarah, Jurnal Penelitian Volume 18 Nomor 2, 79-170. Darsono. 2008. “Konsep Dasar Sindhenan Dalam Karawitan.” Keteg : Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang “Bunyi” 8: 2. 18 Edmodo, https://www.edmodo.com/about, di akses pada tanggal 12 Juli 2016, pukul:15.00 WIB Huang, J. J. S., Yang, S. J. H., Huang,Y.-M., dan Hsiao, I. Y. T, 2010, SocialLearning Networks: Build Mobile Learning Networks Based on Collaborative Services, Educational Technology & Society, 13 (3), 78–92. Kurniawan, Rendra., 2009, Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya-Indonesia. Suriadhi, Gede., Tastra, I Dewa Kade. dan Suwatra, Ign Wayan., 2014, Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja, Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan Vol: 2 No. 1. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Surakarta: MSPI. Suraji. 2005. “Sindhenan Gaya Surakarta.” Surakarta: Tesis Program Studi Pengkajian Seni Minat Musik STSI Surakarta. Suyoto. 2016. “Carem: Puncak Kualitas Bawa Dalam Karawitan Gaya Surakarta.” Yogyakarta: UGM. ———. 2020. “Garap Rujak-Rujakan Dalam Sindhenan Gaya Surakarta.” Resital : Jurnal Seni Pertunjukan 21: 63–72. Wang, Qiyun., Woo, Huay Lit., Quek, Choon Lang., Yang, Yuqin and Liu, Mei., 2012, Using the Facebook group as a learning management system: An exploratory study, British Journal of Educational Technology Vol 43 No 3. Warjanto, Setyo., Nurhayati., Azhar, Anugrah., 2014, Efektifitas Social Learning Network Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Alat Optik, Prosiding Fisika UIN 2014, Jakarta citation: Sukesi, Sukesi and Aji, Ananto Sabdo and Rosida, Silvia Nafisatur (2023) MENJELAJAHI WANGSALAN BEI MARDUSARI: PELATIHAN SINDEN REMAJA DI SANGGAR PARIKESIT KABUPATEN SUKOHARJO. Project Report. Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7602/1/Sukesi%20-%20UP.pdf