TY - UNPB N2 - Perubahan iklim menjadi isu yang selalu hangat diperbincangkan dalam beberapa dekade terakhir. Upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim pun sudah banyak dilakukan, namun belum komprehensif dan efektif. Kendala utama komunikasi perubahan iklim adalah kurangnya kesadaran masyarakat soal urgensi dampak perubahan iklim. Masyarakat masih menganggap bahwa perubahan iklim adalah masalah sains, padahal berdampak besar pada kehidupan sosial. Maka, perlu adanya strategi komunikasi yang mudah diakses, berkaitan erat dengan audiens, dan mampu membangkitkan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi kreatif komunikasi melalui kampanye online di layanan jejaring sosial Instagram. Pesan utama dalam kampanye ini adalah mitigasi perubahan iklim melalui konsumsi makanan lokal rendah karbon. Proses perancangan dilakukan dengan metode desain yang terdiri dari discovery, planning, creative, dan application. Hasil perancangan dapat memberikan gambaran bagaimana menyusun strategi komunikasi kreatif dan visual dalam kampanye mitigasi perubahan iklim melalui layanan jejaring sosial Instagram. PB - Institut Seni Indonesia Surakarta M1 - project_report Y1 - 2023/10// UR - http://repository.isi-ska.ac.id ID - eprintsOLD7589 CY - Surakarta EP - 58 KW - perubahan iklim KW - kampanye KW - Instagram KW - makanan lokal KW - rendah karbon A1 - Ridlo, M Harun Rosyid A1 - Risqita, Exa Syafina Jullyan A1 - Febriani, Fani Amalia AV - public TI - MITIGASI PERUBAHAN IKLIM: INSTAGRAM CAMPAIGN DENGAN STRATEGI KREATIF MAKANAN LOKAL RENDAH KARBON ER -