@unpublished{eprintsOLD7589, author = {M Harun Rosyid Ridlo and Exa Syafina Jullyan Risqita and Fani Amalia Febriani}, publisher = {Institut Seni Indonesia Surakarta}, institution = {Institut Seni Indonesia Surakarta}, address = {Surakarta}, title = {MITIGASI PERUBAHAN IKLIM: INSTAGRAM CAMPAIGN DENGAN STRATEGI KREATIF MAKANAN LOKAL RENDAH KARBON}, year = {2023}, type = {Project Report}, month = {October}, abstract = {Perubahan iklim menjadi isu yang selalu hangat diperbincangkan dalam beberapa dekade terakhir. Upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim pun sudah banyak dilakukan, namun belum komprehensif dan efektif. Kendala utama komunikasi perubahan iklim adalah kurangnya kesadaran masyarakat soal urgensi dampak perubahan iklim. Masyarakat masih menganggap bahwa perubahan iklim adalah masalah sains, padahal berdampak besar pada kehidupan sosial. Maka, perlu adanya strategi komunikasi yang mudah diakses, berkaitan erat dengan audiens, dan mampu membangkitkan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi kreatif komunikasi melalui kampanye online di layanan jejaring sosial Instagram. Pesan utama dalam kampanye ini adalah mitigasi perubahan iklim melalui konsumsi makanan lokal rendah karbon. Proses perancangan dilakukan dengan metode desain yang terdiri dari discovery, planning, creative, dan application. Hasil perancangan dapat memberikan gambaran bagaimana menyusun strategi komunikasi kreatif dan visual dalam kampanye mitigasi perubahan iklim melalui layanan jejaring sosial Instagram.}, keywords = {perubahan iklim, kampanye, Instagram, makanan lokal, rendah karbon}, url = {http://repository.isi-ska.ac.id/7589/} }