eprintid: 7584 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/75/84 datestamp: 2025-07-31 14:38:24 lastmod: 2025-07-31 14:38:24 status_changed: 2025-07-31 14:38:24 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Kusuma, Monica Revias Purwa creators_name: Yasmin, Ellenda Wafia title: STRATEGI PEMASARAN KOLABORASI PADA DESAIN KEMASAN BERTEMA KEBUDAYAAN INDONESIA (STUDI KASUS TEHBOTOL SOSRO X ILUSTRATOR LOKAL) ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Strategi Pemasaran, Pemasaran Kolaborasi, Desain Kemasan, Proses Kreatif abstract: Pada umumnya, desain kemasan suatu produk di desain sesuai dengan karakter dan identitas dari brand, serta memaparkan fungsi dari produk tersebut. Namun ada fenomena unik yang dilakukan Tehbotol Sosro yaitu dengan cara melakukan kolaborasi dengan para ilustrator lokal. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan fakta-fakta yang dilakukan oleh Tehbotol Sosro dalam strategi pemasaran kolaborasi pada desain kemasan bertema kebudayaan Indonesia, serta memaparkan proses kreatif para ilustrator lokal pada pembuatan ilustrasi desain kemasan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini ditunjang dengan teori-teori strategi pemasaran, strategi media sosial, desain kemasan, serta design thinking. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran kolaborasi pada desain kemasan yang telah dilakukan Tehbotol Sosro dengan ilustrator lokal dari tahun 2020-2023 ini dapat menambah pengetahuan baru bagi konsumen tentang kebudayaan yang ada di Indonesia serta menumbuhkan semangat cinta tanah air dan membantu memperkenalkan pariwisata-pariwisata baru di Indonesia. Strategi pemasaran kolaborasi tersebut merupakan strategi pemasaran yang memainkan aspek emosi para konsumen untuk membeli produk Tehbotol Sosro dikarenakan value yang ada pada brand tersebut. Strategi Pemasaran Kolaborasi Pada Desain Kemasan juga dapat menjadi teknik baru yang dapat di adaptasi pada pemasaran suatu produk. Proses kreatif dari ilustrator yang diajak bekerjasama yaitu Isa Indra Permana dan ilustrator yang menjadi salah satu pemenang kompetisi Zidane Ardani secara tidak langsung menerapkan design thinking melalui 5 tahapannya. Diharapkan penelitian ini dapat menambah literasi baru bagi civitas akademik terutama di bidang Desain Komunikasi Visual mengenai fenomena atau tren terbaru yang terjadi yaitu strategi pemasaran kolaborasi pada desain kemasan yang mengangkat tema kebudayaan Indonesia. date: 2023-10 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 93 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Ambadar, J., Abidin, M., & Isa, Y. (2007). Mengelola Merek. Yayasan Bina karsa Mandiri. Brake, D. K., & Safko, L. (2009). The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies For Business Success. John Wiley & Sons. Brown, T., & Jocelyn, W. (2016). Design Thinking for Social Innovation. International Publishing Springer,. Erlyana, Y., & Betsymorla, B. (2020). Tinjauan Visual Kemasan Teh Botol Sosro Edisi Khusus Hut RI ke-75. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media, 1(3), 173–183. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i3.24 Instagram Tehbotol Sosro. (2023, June 1). Https://Www.Instagram.Com/Tehbotolsosroid. Interaction Design Foundation. (2023, June 1). 5 Stages in the Design Thinking Process. Https://www.Interactiondesign.Org/Literature/Article/5-Stages-inthe- Design-74thinking-Process. Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan. Kualitatif ). Gaung Persada Press. Julianti, S. (2014). The Art Of Packaging. Gramedia Pustaka Utama. Juni Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Pustaka Setia. Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2007). Desain Kemasan : Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Erlangga. Kotler, P. (2017). Marketing for Competitiveness. Bentang Pustaka. Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education Limited. Kotler, P., Benyamin, M., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga. Miles, M. D., Hubberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (Tjetjep Rohindi Rohidi, Ed.; 3rd ed.). Sage Publications. Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya. Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya. Norman, D. (2004). Emotional Design : Why We Love (or Hate) Everyday Things. Basic Books. Novi C, L. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Tehbotol Sosro Kemasan Pet 450 Ml (Studi Pada Pengunjung Minimarket Di Surabaya Selatan). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(4), 1–10. Rulli, N. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sukmadinata, & Syaodih, N. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya. citation: Kusuma, Monica Revias Purwa and Yasmin, Ellenda Wafia (2023) STRATEGI PEMASARAN KOLABORASI PADA DESAIN KEMASAN BERTEMA KEBUDAYAAN INDONESIA (STUDI KASUS TEHBOTOL SOSRO X ILUSTRATOR LOKAL). Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7584/1/1.%20Laporan%20Akhir-9%20-%20Copy.pdf