%0 Report %9 Project Report %A Kusuma, Monica Revias Purwa %A Yasmin, Ellenda Wafia %C Surakarta %D 2023 %F eprintsOLD:7584 %I Institut Seni Indonesia Surakarta %K Strategi Pemasaran, Pemasaran Kolaborasi, Desain Kemasan, Proses Kreatif %T STRATEGI PEMASARAN KOLABORASI PADA DESAIN KEMASAN BERTEMA KEBUDAYAAN INDONESIA (STUDI KASUS TEHBOTOL SOSRO X ILUSTRATOR LOKAL) %U http://repository.isi-ska.ac.id/7584/ %X Pada umumnya, desain kemasan suatu produk di desain sesuai dengan karakter dan identitas dari brand, serta memaparkan fungsi dari produk tersebut. Namun ada fenomena unik yang dilakukan Tehbotol Sosro yaitu dengan cara melakukan kolaborasi dengan para ilustrator lokal. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan fakta-fakta yang dilakukan oleh Tehbotol Sosro dalam strategi pemasaran kolaborasi pada desain kemasan bertema kebudayaan Indonesia, serta memaparkan proses kreatif para ilustrator lokal pada pembuatan ilustrasi desain kemasan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini ditunjang dengan teori-teori strategi pemasaran, strategi media sosial, desain kemasan, serta design thinking. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran kolaborasi pada desain kemasan yang telah dilakukan Tehbotol Sosro dengan ilustrator lokal dari tahun 2020-2023 ini dapat menambah pengetahuan baru bagi konsumen tentang kebudayaan yang ada di Indonesia serta menumbuhkan semangat cinta tanah air dan membantu memperkenalkan pariwisata-pariwisata baru di Indonesia. Strategi pemasaran kolaborasi tersebut merupakan strategi pemasaran yang memainkan aspek emosi para konsumen untuk membeli produk Tehbotol Sosro dikarenakan value yang ada pada brand tersebut. Strategi Pemasaran Kolaborasi Pada Desain Kemasan juga dapat menjadi teknik baru yang dapat di adaptasi pada pemasaran suatu produk. Proses kreatif dari ilustrator yang diajak bekerjasama yaitu Isa Indra Permana dan ilustrator yang menjadi salah satu pemenang kompetisi Zidane Ardani secara tidak langsung menerapkan design thinking melalui 5 tahapannya. Diharapkan penelitian ini dapat menambah literasi baru bagi civitas akademik terutama di bidang Desain Komunikasi Visual mengenai fenomena atau tren terbaru yang terjadi yaitu strategi pemasaran kolaborasi pada desain kemasan yang mengangkat tema kebudayaan Indonesia.