?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Frepository.isi-ska.ac.id%2F7584%2F&rft.title=STRATEGI+PEMASARAN+KOLABORASI+PADA+DESAIN+KEMASAN+BERTEMA+KEBUDAYAAN+INDONESIA+(STUDI+KASUS+TEHBOTOL+SOSRO+X+ILUSTRATOR+LOKAL)&rft.creator=Kusuma%2C+Monica+Revias+Purwa&rft.creator=Yasmin%2C+Ellenda+Wafia&rft.subject=Desain+Komunikasi+Visual&rft.description=Pada+umumnya%2C+desain+kemasan+suatu+produk+di+desain+sesuai+dengan+karakter+dan%0D%0Aidentitas+dari+brand%2C+serta+memaparkan+fungsi+dari+produk+tersebut.+Namun+ada%0D%0Afenomena+unik+yang+dilakukan+Tehbotol+Sosro+yaitu+dengan+cara+melakukan%0D%0Akolaborasi+dengan+para+ilustrator+lokal.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+memaparkan%0D%0Afakta-fakta+yang+dilakukan+oleh+Tehbotol+Sosro+dalam+strategi+pemasaran%0D%0Akolaborasi+pada+desain+kemasan+bertema+kebudayaan+Indonesia%2C+serta+memaparkan%0D%0Aproses+kreatif+para+ilustrator+lokal+pada+pembuatan+ilustrasi+desain+kemasan%0D%0Atersebut.+Penelitian+ini+menggunakan+metode+deskriptif+kualitatif+dengan+jenis%0D%0Apenelitian+studi+kasus.+Penelitian+ini+ditunjang+dengan+teori-teori+strategi%0D%0Apemasaran%2C+strategi+media+sosial%2C+desain+kemasan%2C+serta+design+thinking.+Hasil+dari%0D%0Apenelitian+ini+adalah+strategi+pemasaran+kolaborasi+pada+desain+kemasan+yang+telah%0D%0Adilakukan+Tehbotol+Sosro+dengan+ilustrator+lokal+dari+tahun+2020-2023+ini+dapat%0D%0Amenambah+pengetahuan+baru+bagi+konsumen+tentang+kebudayaan+yang+ada+di%0D%0AIndonesia+serta+menumbuhkan+semangat+cinta+tanah+air+dan+membantu%0D%0Amemperkenalkan+pariwisata-pariwisata+baru+di+Indonesia.+Strategi+pemasaran%0D%0Akolaborasi+tersebut+merupakan+strategi+pemasaran+yang+memainkan+aspek+emosi%0D%0Apara+konsumen+untuk+membeli+produk+Tehbotol+Sosro+dikarenakan+value+yang+ada%0D%0Apada+brand+tersebut.+Strategi+Pemasaran+Kolaborasi+Pada+Desain+Kemasan+juga%0D%0Adapat+menjadi+teknik+baru+yang+dapat+di+adaptasi+pada+pemasaran+suatu+produk.%0D%0AProses+kreatif+dari+ilustrator+yang+diajak+bekerjasama+yaitu+Isa+Indra+Permana+dan%0D%0Ailustrator+yang+menjadi+salah+satu+pemenang+kompetisi+Zidane+Ardani+secara+tidak%0D%0Alangsung+menerapkan+design+thinking+melalui+5+tahapannya.+Diharapkan+penelitian%0D%0Aini+dapat+menambah+literasi+baru+bagi+civitas+akademik+terutama+di+bidang+Desain%0D%0AKomunikasi+Visual+mengenai+fenomena+atau+tren+terbaru+yang+terjadi+yaitu+strategi%0D%0Apemasaran+kolaborasi+pada+desain+kemasan+yang+mengangkat+tema+kebudayaan%0D%0AIndonesia.&rft.publisher=Institut+Seni+Indonesia+Surakarta&rft.date=2023-10&rft.type=Monograph&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=id&rft.rights=cc_by_sa_4&rft.identifier=http%3A%2F%2Frepository.isi-ska.ac.id%2F7584%2F1%2F1.%2520Laporan%2520Akhir-9%2520-%2520Copy.pdf&rft.identifier=++Kusuma%2C+Monica+Revias+Purwa+and+Yasmin%2C+Ellenda+Wafia++(2023)+STRATEGI+PEMASARAN+KOLABORASI+PADA+DESAIN+KEMASAN+BERTEMA+KEBUDAYAAN+INDONESIA+(STUDI+KASUS+TEHBOTOL+SOSRO+X+ILUSTRATOR+LOKAL).++Project+Report.+Institut+Seni+Indonesia+Surakarta%2C+Surakarta.++++(Unpublished)++&rft.relation=http%3A%2F%2Frepository.isi-ska.ac.id