eprintid: 7571 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/75/71 datestamp: 2025-07-31 08:05:35 lastmod: 2025-07-31 08:05:35 status_changed: 2025-07-31 08:05:35 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Raina, Pratita Rara title: PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK N 1 KARANGNYAR MELALUI “TRANSFER KNOWLEDGE: MARKETING STRATEGY” SEBAGAI UPAYA MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL ispublished: unpub subjects: AK divisions: sch_isi full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kurikulum, Fashion, Marketing Strategy abstract: Perubahan kurikulum yang dinilai berubah secara pesat, membawa dampak ke guru yaitu kendala dalam beradaptasi dengan kurikulum yang baru. Terlebih untuk guru yang merasa baru dapat menyesuaikan dengan kurikulum sebelumnya, kini harus dihadapkan dengan kurikulum baru. Dampak ini juga dirasakan oleh guru di SMK N 1 Karanganyar, khususnya pada guru di Konsentrasi Desain dan Produksi Busana. Kurikulum Merdeka mengharuskan guru untuk dapat menyampaikan materi mengenai proses bisnis berbagai industri di bidang busana (fashion) dan dasar branding dan marketing. Namun modul yang mengajarkan hal- hal tersebut dinilai kurang lengkap dan guru dinilai kurang memiliki kualifikasi untuk mengajar materi tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini dirancang untuk memberikan solusi tepat bagi permasalahan mitra dengan menyediakan workshop selama dua hari dengan mengupas tuntas materi mengenai strategi marketing dan promosi marketing yang belum didapatkan siswa. Guru juga akan mendapatkan kesempatan penuh dalam memahami materi sehingga dapat melengkapi bahan ajar dan menularkan ilmu yang lebih compact ke siswa. date: 2023-10-30 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Rupa dan Desain place_of_pub: Fakultas Seni Rupa dan Desain pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Althaf, & Romanti. (2022). Berbagai Kurikulum Yang Pernah Diterapkan di Indonesia. Itjen Kemdikbud. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/berbagai-kurikulum-yang-pernahditerapkan-di-indonesia/ Ansari, A. H., Keguruan, F., & Yusuf, M. (2022). Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM, 34–45. https://publikasipips.ulm.ac.id/index.php/tmkm/article/view/496/147 Aransyah, A., Herpratiwi, H., Adha, M. M., Nurwahidin, M., & Yuliati, D. (2023). Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 136. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6424 Mahmud, H. (2013). GURU DI TENGAH PERUBAHAN KURIKULUM. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 111–124. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/97 Nelson, D. (2020). Participatory Action Research : A Literature Review Running Head : Participatory Action Research Citation APA : Nelson , D . ( 2014 ). Participatory action research : A literature review . Unpublished manuscript . Participatory Action Research : A Review . December. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30944.17927/1 citation: Raina, Pratita Rara (2023) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK N 1 KARANGNYAR MELALUI “TRANSFER KNOWLEDGE: MARKETING STRATEGY” SEBAGAI UPAYA MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL. Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7571/1/Pratita%20Rara%20Ra.pdf