eprintid: 7567 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/75/67 datestamp: 2025-07-31 07:02:48 lastmod: 2025-07-31 07:23:57 status_changed: 2025-07-31 07:02:48 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Pandanwangi, Brilindra creators_name: Arkan, Muhammad Farraya title: VISUAL STORYTELLING PROMOSI KAMPUNG ADAT WARU WORA, LAMBOYA, SUMBA BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Narasi Visual, Promosi, Visual Storytelling. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi visual storytelling sebagai alternatif dalam mempromosikan kampung adat Waru Wora, di Desa Patiala Bawah, Kecamatan Sumba, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Untuk mengeksplorasi penceritaan visual, dalam penelitian ini menggunakan metode penciptaan karya seni yang ada 6 (enam) tahapan yaitu : Definition, Research, Interpretation, Ideation, Prototyping, Evolution, dan Implementation. Berdasarkan observasi awal yang sudah dilakukan, diperlukan media yang sesuai dan kondisi, serta dibutuhkan alternatif agar informasi yang disampaikan dapat diterima serta menarik. Teknik visual storytelling memiliki potensi dalam menampilkan fitur unik yang membuat visualisai promosi menjadi lebih menarik. Melalui media ini diharapkan dapat membantu pemerintah Kabupaten Sumba Barat dalam melakukan pengembangan promosi pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat date: 2023-11 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 15 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Avgerinou, M.D. (2009). Re-viewing visual literacy in the ‘Bain d’images’ era. TechTrends, 53, 28–34. doi:10.1007/s11528-009-0264-z Denzin, N.K. & Lincoln, Y. S. (1994). Handbook of Qualitative Research. CA: Sage. Emanuel, R., & Challons-Lipton, S. (2013). Visual literacy and the digital native: Another look. Journal of Visual Literacy, 32, 7–26. doi:10.1080/23796529.2013.11674703 Fernandes, T. and Remelhe, P., 2016. How to engage customers in co-creation: customers’ motivations for collaborative innovation. Journal of Strategic Marketing, 24 (3-4), pp. 311-326. doi: https://doi.org/10.1080/0965254X.2015.1095220 Keane, Webb. 1995. “Religious Change and Historical Reflection in Anakalang, West Sumba, Indonesia.” Journal of Southeast Asian Studies 26 (02): 289–306. doi:10.1017/S0022 463400007116. Li, Tania Murray. 2014. Land’s End: Capitalist Relations on an Indigenous Frontier. Durham: Duke University Press. McCarthy, John F., Jacqueline A.C. Vel, and Suraya Afiff. 2012. “Trajectories of Land Acquisition and Enclosure: Development Schemes, Virtual Land Grabs, and Green Acquisitions in Indonesia’s Outer Islands.” The Journal of Peasant Studies 39 (2): 521– 549. doi:10.1080/ 03066150.2012.671768. Pearce, M.W. (2008) “Framing the Days: Place and Narrative in Cartography” Cartography and Geographic Information Science 35 (1) pp.17–32 DOI:10.1559/-152304008783475661. Poespoprodjo, W. (1991). Logika Scientifika: Pengantar Dialektika Dan Ilmu. Remaja Rosdakarya. Roth, R.E. (2013) “An Empirically-Derived Taxonomy of Interaction Primitives for Interactive Cartography and Geovisualization” IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics 19 (12) pp.2356–2365 DOI:10.1109/tvcg.2013.130. Shi, L. (2010). An Investigation of the sources of store-based retailers’ early entrant advantages: Market and resource factors. Journal of Marketing Channels, 17(4), 1–18. Siguaw, J. A., and Enz, C. A. (1999, October). Best practices in marketing. 40(5), 31–43. Sutopo, H. B. (2006). Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Universitas Sebelas Maret. Emrah, Yayici. (2016). Design Thinking Methodology Book . Artbiztech citation: Pandanwangi, Brilindra and Arkan, Muhammad Farraya (2023) VISUAL STORYTELLING PROMOSI KAMPUNG ADAT WARU WORA, LAMBOYA, SUMBA BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7567/2/1.%20Laporan%20Akhir-2%20-%20Copy.pdf