%C Surakarta %D 2022 %X Penelitian ini menelusuri kebutuhan, tantangan, dan strategi terkait integrasi topik- topik seni yang menjadi prioritas tiap program studi, ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta. Menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan analisis kebutuhan, investigasi dilakukan dari perspektif pimpinan prodi dan para dosen. Data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen untuk mengungkap kebutuhan dan tantangan integrasi topik-topik seni dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, dan konsultasi dengan ahli kurikulum untuk menyusun strategi integrasi seni dalam pembelajaran bahasa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam praktik perencanaan, pengembangan materi ajar, maupun pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif dan efisien bagi mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain, memberi dampak penguatan terkait pengetahuan dan komunikasi seni dan desain sesuai program studi mereka. %K Bahasa Inggris, Seni, Analisis Kebutuhan %L eprintsOLD7560 %A Anisa Putri Cahyani %I Institut Seni Indonesia Surakarta %T INTEGRASI SENI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: ANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR DI FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN ISI SURAKARTA