eprintid: 7553 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/75/53 datestamp: 2025-07-30 06:15:16 lastmod: 2025-07-30 06:15:16 status_changed: 2025-07-30 06:15:16 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Rahmayanti, Esty title: PENGGUNAAN MEDIA FILM BERMUATAN PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DEGRADASI MORAL DI ERA 4.0 ispublished: unpub subjects: AK divisions: sch_man full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: moral education, film, citizenship education, moral degradation abstract: This research aimed to describe implementation and impact of using film media containing moral in civic education leraning as an effort to prevent moral degradation in the 4.0 era. This study was descriptive research. The subject were one principal, two teachers and six students of SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. The data were collected through observation, interviews, and documentation. The data collection instruments used were teacher observation guidelines, teacher interviewing guidelinbes and interview guidelines for students. The data analysis technique used was the inductive data analysis. The data were validated through the source triangulation and method triangulation. The data analysis used is interactive analysis which includes data collection, data reduction, presentation and conclusion date: 2022-05 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 98 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama. Agung Hartono B, Sunarto. 1999. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta. Agung Prihatmojo, Badawi. 2020. Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Djiwa Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 4 (1),142-152. Ali, Zainudin. 2008. Tinjauan Soosiologi Hukum Terhadap Kehidupan Prostitusi Di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika. Bertens, K. 2004. Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Branson, M.S. 1998. The role of civil education. Calabases: CCE. Budiarto, Gema. 2020. Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 50. Burhanuddin Salam. 2000. Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta. Busrizalti. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan: Negara Kesatuan, HAM & Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Cet. I; Yogyakarta: Total Media 2013), h. 23. Cholisin. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: FIS UNY. Daniel Dakhidae. 2003. Cendekiawan dan Kekuasaan : Dalam Negara Orde Baru. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Depdikbud. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Utama. Edwards, J & Fogelman, K. 2000. “Citizenship education and culture diversity.” Dalam politics, education and citizenship, vol.VI (Eds, Leicester, M, Modgil,C dan Modgil, S) London and Newyork : Falmer Press, hal 93-103. Effendi. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Evans, Rupert N, Edwin, Lewis H. 1978. Foundation of vocational education. Columbus. Ohio: Chavles E Merril Publishing Company. Lexy J. Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosda Karya. Muchson, dkk. 2013. Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Samani, dkk. 2012. Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sjarkawi. 2011. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara. Suharno. 2016. Pengembangan Aspek Moral dalam Pendidikan Kewarganegaraan SD dan SMP: Respon atas Realitas Keprihatinan Moral. Jurnal Civics, 13 (2), 162-171. Sukmadinata, 2005, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Rosda Karya. Sunarso, dkk.2008. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press. Sunarso. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Buku Pegangan Mahasiswa Paradigma Baru. Yogyakarta: UNY Press. Sumantri, Numan. 2001. Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya. Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara Winataputra, U.S dan Budimansyah, D. 2007. Civic Education Konteks, Landasan Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Program Studi PKn SPS UPI. Zuchdi, Darmiyati, Zuhdan K.P, dan Muhsinatun S.M. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bidang Studi di sekolah Dasar. Makalah Penelitian Pendidikan pada bulan Mei 2010. Diakses dari (http://eprints.uny.ac,id3004101Zuchdi_EDIT.pdf) pada tanggal 21 Desember 2016. Zuriah. 2001. Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Prerpektif perubahan. Jakarta: Erlangga. citation: Rahmayanti, Esty (2022) PENGGUNAAN MEDIA FILM BERMUATAN PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DEGRADASI MORAL DI ERA 4.0. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7553/1/8.%20Laporan%20Akhir%20-%20Pemula%20-%20Esty%20Rahmayanti%20-%20Copy.pdf