?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Frepository.isi-ska.ac.id%2F7549%2F&rft.title=Multimedia+Development+Life+Cycle+dalam+Perancangan%0D%0ABoardgame+sebagai+Media+Perangsang+Perkembangan%0D%0APsikomotorik+Balita+di+Posyandu+Anggrek+Merpati%0D%0AGajahan+Surakarta&rft.creator=Kurniawan%2C+Rendya+Adi&rft.subject=Desain+Komunikasi+Visual&rft.description=Perhatian+masyarakat+Indonesia+saat+ini+sedang+berfokus+pada+permasalahan%0D%0Akesehatan.+Semenjak+Indonesia+diguncang+pandemi+Covid-19+sejak%0D%0Apertengahan+tahun+2020%2C+kini+masyarakat+Indonesia+yang+dulunya+mungkin%0D%0Amerasa+acuh+tak+acuh+terhadap+faktor+kesehatan.+Masyarakat+kini+perlahanlahan%0D%0Amulai+semakin+membuka+diri+akan+pentingnya+menjaga+kesehatan%0D%0Abaik+pribadi+maupun+lingkungan+sekitarnya.+Pemenuhan+kebutuhan%0D%0Akesehatan+juga+semakin+tinggi+dan+tetap+bertahan+tinggi+sampai+pada+masa%0D%0Apasca-pandemi+Covid-19+ini.+Salah+satunya+adalah+pemenuhan+permintaan%0D%0Atentang+kebutuhan+akan+fasilitas+kesehatan+yang+memadai+dan+bisa%0D%0Amenjangkau+lapisan+terbawah+dalam+masyarakat.+Banyak+faktor+yang%0D%0Amempengaruhi+mengapa+animo+masyarakat+untuk+hadir+di+Posyandu%0D%0Asemakin+menurun.+Faktor+utama+tentu+saja+adanya+rasa+waspada+hasil+dari%0D%0Apandemic+Covid-19.+Masih+banyak+ibu-ibu+yang+khawatir+ketika+mengajak%0D%0Abalitanya+berkunjung+ke+Posyandu+terdekat.+Faktor+lain+yang+berpengaruh%0D%0Aadalah+terlalu+monotonnya+bentuk+pelayanan+yang+diberikan+di+Posyandu%0D%0Atersebut.+Perlu+adanya+suatu+terobosan+baru+yang+memungkinkan+Posyandu%0D%0Amenjadi+suatu+tempat+yang+nyaman%2C+asik+dan+menyenangkan.+Salah+satu+hal%0D%0Ayang+bisa+dilakukan+adalah+dengan+melakukan+pengadaan+permainan+yang%0D%0Amempunyai+daya+interaktif+serta+menjadi+media+edukasi+dan+perkembangan%0D%0Akesehatan+Balita+dan+anak-anak.+Penelitian+terapan+ini+akan+memadukan%0D%0Aberagam+disiplin+ilmu+sangat+berperan+dalam+merancang+sebagai+solusi%0D%0Adalam+memecahkan+permasalahan+tersebut.+Lintas+bidang+desain+produk%2C%0D%0Adesain+komunikasi+visual+dan+bidang+ilmu+lainnya+yang+akan+sangat%0D%0Amemperhatikan+perencanaan+dan+perancangan+media+edukasi+dan+informasi%0D%0Aberupa+permainan+anak+yang+tidak+terlepas+dari+aspek+organisasi+bidang+dan%0D%0Aorganisasi+visual.+Kombinasi+dari+kedua+bidang+tersebut+dapat+merangsang%0D%0Aperkembangan+psikomotrik+pada+balita+dan+anak.+Berdasarkan+latar%0D%0Abelakang+tersebut+dicoba+untuk+mengembangkan+solusi+berupa+perancangan%0D%0Amedia+permainan+anak+sebagai+media+untuk+merangsang+perkembangan%0D%0Apsikomotorik+pada+balita+yang+dapat+digunakan+sebagai+media%0D%0Apenyampaian+informasi+dan+sekaligus+rekreasi+kepada+keluarga.&rft.publisher=Institut+Seni+Indonesia+Surakarta&rft.date=2022-11-17&rft.type=Monograph&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=id&rft.rights=cc_by_sa_4&rft.identifier=http%3A%2F%2Frepository.isi-ska.ac.id%2F7549%2F1%2F4.%2520Laporan%2520Akhir%2520-%2520Pemula%2520-%2520Rendya%2520Adi%2520Kurniawan-1%2520-%2520Copy.pdf&rft.identifier=++Kurniawan%2C+Rendya+Adi++(2022)+Multimedia+Development+Life+Cycle+dalam+Perancangan+Boardgame+sebagai+Media+Perangsang+Perkembangan+Psikomotorik+Balita+di+Posyandu+Anggrek+Merpati+Gajahan+Surakarta.++Project+Report.+Institut+Seni+Indonesia+Surakarta%2C+Surakarta.++++(Unpublished)++&rft.relation=http%3A%2F%2Frepository.isi-ska.ac.id