eprintid: 7546 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/75/46 datestamp: 2025-07-30 04:04:42 lastmod: 2025-07-30 04:04:42 status_changed: 2025-07-30 04:04:42 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Kuncoro, Joned Sri creators_name: Manggala, Bondan Aji title: PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT BUDMER VIBRATOR UNTUK KEGIATAN SENI PERFORMATIF PENYANDANG TUNA NETRA DAN RUNGU DI SLB NEGERI COLOMADU ispublished: unpub subjects: AM divisions: sch_civ full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Pelatihan, Seni Performatif, penggunaan alat, Tuna Netra dan Rungu. abstract: Usulan kegiatan PKM tematik perorangan ini merupakan program yang dikembangkan sebagai kelanjutan dari hasil penelitian Pusat Studi Seni dan Disabilitas ISI Surakarta tahun 2021. Penelitian yang lalu, telah berhasil melahirkan temuan sebuah alat pengubah gelombang suara menjadi getaran micro dynamo yang diberi nama Budmer Vibrator. Alat tersebut sengaja diciptakan untuk kalangan penyandang tuna rungu sebagai pengganti sinyal respon musik yang semula berupa sensasi suara (auditif) menjadi sensasi getar yang dapat dirasakan kulit dan tubuh. Pada kesempatan ini, direncanakan sebuah kegiatan implementasi penggunaan alat Budmer Vibrator untuk digunakan sebagai peralatan penunjang seni performative (pertunjukan). Kegiatan PKM tematik ini juga menjadi wadah uji coba pengoptimalan kerja alat Budmer Vibrator sebagai alat berekpresi seni dan berkomunikasi antara penyandang tuna netra dan rungu dalam konteks kegiatan seni pertunjukan intermedia. Dampaknya dari hasil penelitian ini harapan keterlibatan penyandang disabilitas netra dan rungu dalam pagelaran seni, menambah kesempatan untuk melakukan pagelaran seni sesuai dengan karakteristik mereka dan mewujudkan ruang kreatif berkarya seni yang berpihak pada kemampuan dan kebutuhan mereka yang khas. Kegiatan PKM ini didasari pola pikir bahwa setiap individu, melalui cara dan media yang berbeda- beda, mempunyai kemampuan menyerap dan menginternalisasikan fenomena di sekelilingnya, sekaligus juga mengekspresikannya secara mandiri dalam bentuk karya seni. Tujuan umum dari penelitian ini adalah melakukan kegiatan pelatian penggunaan alat Budmer Vibrator dalam sebuah kegiatan seni performative, dengan tujuan khusus 1. Pelatihan karya seni performatif kolaboratif antara tuna netra dan rungu. 2. Presentasi hasil pelatihan yang dipublikasikan dalam media virtual, dan 3. Naskah publikasi ilmiah. date: 2022-05-30 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta pages: 25 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: 1. Gerakan Kreabilitas. Toolkit Inklusivitas Kolaborasi Seni dan Kreatif 2020. (Online). Available : https://ketemu.org/wp- content/uploads/2020/06/ToolkitInklusivitas-Kolaborasi-Seni-Kreatif.pdf. 2020. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2020 2. Dini Widinarsih. “Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi”, Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jilid 20, No. 2, Oktober 2019, pp 127-142. 3. PSLD Universitas Brawijaya dan British Council Indonesia, “Pemetaan Kesenian dan Disabilitas di Indonesia)”. Laporan Penelitian 2017 (Online). Available : https://www.britishcouncil.id/sites/default/files/laporan_penelitian_pemetaan _ kesenian_dan_disabilitas_di_indonesia.pdf). 2017. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2020 4. Bondan Aji Manggala. “Musik untuk Tuna Rungu”. Jurnal Abdi Seni, Vol. 6, No. 1, Mei 2015 (Online). Available : https://doi.org/10.33153/abdiseni.v6i1.2255. 2015. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2020 5. Jonet Sri Kuncoro. “Sebuah Catatan Harian”. Laporan Tesis ISI Surakarta. Tidak dipublikasikan, 2006. 6. Sri Nurbayani dkk. “Menumbuhkan Kreativitas Anak Tunarungu dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SLB Negeri 2 Padang”. E-Jurnal Sendratasik, Vol. 6, No.1, Seri C, September 2017, pp 18-27. 7. Tatik Haryati. “Manfaat Belajar Seni Tari pada Anak Tunarungu dan Dampaknya di Bidang Akademik dan Pengembangan Diri. Jurnal Jassi_anakku, Vol. 13, No 1, 2014, pp 56-61. 8. Aujla. Imogen J. Dan Emma Redding. “Barriers to Dance Training for Young People with Dissabilities”. British Journal of Special Education, Vol. 40, No. 2, 2013. DOI: 10.1111/1467-8578.12021 9. Jonet Sri Kuncoro dan Eko Supendi, “Penciptaan Tari Anak-Anak Disabilitas Kami Tak Berbeda”. Jurnal Acintya, Vol. 12, No. 1, Juni 2020, pp 59-67. 25 10. Verrent, Jo. “Kembali Ke Jakarta: Empat Tahun Perkembangan Seni Disabilitas di Indonesia”. 2016. Available : https://www.britishcouncil.id/kembali-ke-jakartaempat-tahun-perkembangan- seni-disabilitas-di-indonesia. Diakses pada tanggal 23 Okotber 2020 11. Fox, Alice dan Hannah Macpherson. “Inclusive Arts Practice and Research. London. Routledge. 2015. 12. PSIBK USD Yogyakarta. Ba(wayang)”. 2019. Available : https://www.usd.ac.id/pusat/psibk/category/kegiatan/. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2020. 13. Leavy, Patricia. “Method Meets Art; Arts-Based Research Practice”. London. The Guildford Press. 2015. 14. Kemmis, S. and Mc.Taggert, R. 1988. The Action Research Planner. Dankin University. 15. A.A.G.D. Bharuna, “Arsitektur untuk Rakyat? Suatu Kajian Tentang Pendekatan Perancangan Partisipatif,” Jurnal Permukiman Natah, vol. 2, no. 1. Pp.1-55, 2004. citation: Kuncoro, Joned Sri and Manggala, Bondan Aji (2022) PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT BUDMER VIBRATOR UNTUK KEGIATAN SENI PERFORMATIF PENYANDANG TUNA NETRA DAN RUNGU DI SLB NEGERI COLOMADU. Project Report. Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7546/1/14.%20Laporan%20Akhir%20-%20Individu%20-%20Jonet%20Sri%20Kuncoro%20-UP.pdf