eprintid: 7513 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 25 dir: disk0/00/00/75/13 datestamp: 2025-07-29 07:20:45 lastmod: 2025-07-29 07:20:45 status_changed: 2025-07-29 07:20:45 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ikhwan, Nil title: THE EXOTISM OF EXORCISM ispublished: unpub subjects: AI divisions: sch_che full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: eksotisme, eksorsisme, musik, komposisi, eksperimental. abstract: Penelitian dan Penciptaan komposisi musik dengan judul “The Exotism of Excorcism” menitikberatkan pada hubungan relasional antara musik dan eksorsisme sehingga mampu melahirkan eksotisme di dalam puncak pencapaiannya. Karya ini terinspirasi dari peristiwa kerasukan roh yang dibingkai di dalam bentuk pertunjukan khususnya ndadi yang terdapat pada kesenian jathilan di Kabupaten Magelang. Di dalam penciptaan karya musik eksperimental “The Exotism of Excorcism” ini penulis berpegang pada premis yang ditawarkan Djohan (2006) bahwa musik dapat mengantarkan seseorang menuju tempat atau kondisi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Gagasan penciptaan komposisi musik dengan judul “The Exotism of Exorcism” ini ditujukan untuk mengantarkan pendengar untuk mengalami “kerasukannya” sendiri. Eksotisme dari eksorsis ini yang kemudian menjadi puncak sekaligus konklusi dari penciptaan karya musik eksperimental “The Exotism of Exorcism” baik dari perspektif penulis dan penikmat atau pendengar. Penciptaan karya “The Exotism of Exorcism” bertujuan untuk merumuskan dan merancang metode eksperimental lain di dalam penciptaan komposisi musik melalui konsep eksotisme eksorsis. Selanjutnya, kekaryaan ini bertujuan dalam merancang dan menyusun bentuk karya musik eksperimental berdasarkan proses rekognisi komposer pada proses penyusunan karya dalam konsep eksotisme. Terakhir penciptaan karya ini memiliki tujuan dalam pengembangan metode penelitian artistik dalam ranah penciptaan komposisi musik eksperimental. Kata Kunci: eksotisme, eksorsisme, musik, komposisi, eksperimental. date: 2022-09-01 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: Surakarta institution: INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA department: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: DAFTAR PUSTAKA Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Jakarta: Kanisius Press. Djohan. 2006. Terapi Musik: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Galangpress. Esaliana, Dias; Nathasha Cinthya dan Dwi Susanto. 2020. “Exoticism and self-image of Indonesian women in Tjerita Njai Dasima novel”. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, Volume 49 Nomor 2, Agustus 2021 . Hal. 180–193 Miller, Hugh M. 2017. Apresiasi Musik. Edited by Sunarto. 1st ed. Jogjakarta: Panta Rhei Books. Morelos, R. 2009. Trance Forms: A Theory of Performed States of Consciousness, Cologne: Lambert Academy Publishing (LAP). Oktavianus, Handi. 2015. “Penerimaan Penonton Terhadap Praktek Eksorsis Di Dalam Film Conjuring” Jurnal E-Komunikasi Vol 3. No.2 Tahun 2015 hal. 1 -12 Prawira, Nanang Ganda. 2001. “Seni Rupa Indonesia-Hindu: Penemuan Jatidiri dan Puncak Perkembangan Seni Rupa Indonesia-Lamapada Zaman Singhasari dan Majapahit Di Jawa Timur.” Jurnal Seni Rupa Dan Desain 1 (3): 1–14. Putra, I Putu Adi Septa Suweca. 2019. “Analisis Komposisi Musik Kuasa Tanah”. Journal of Music Science, Technology, and Industry. Vol. 2 No. 1 (2019): 49-84 Rabimin. 2000. “Studi Tentang Gending-Gending Iringan Ndadi Angguk non Cerita Daerah Kabupaten Kebumen: Studi Kajian Tekstual dan Fungsi”, Laporan Penelitian Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta. Salim, Muhammad Nur. 2018. ”Keterikatan antara Sajian Gending dan Proses Pencapaian Ndadi Pada Pertunjukan Jathilan”. Jurnal Dewaruci Vol. 13 No. 2 Desember 2018. Hal 73-97 Sasongko, Michael Hari & Supriyadi. 2020. “Kreativitas Dalam Metode Eksplorasi Nilai Estetis Penciptaan Musik Etnis Di Masa Pandemi Covid-19”. Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni Vol. 3 No. 2 November 2020: 103-115 Schechner, R., 2003, Performance Theory, London dan New York: Routledge. Soetaryo. 2000. “Kesenian Angguk dari Desa Garongan” dalam Ketika Orang Jawa Nyeni. Ed. Heddy Shri Ahimsa Putra . Yogyakarta: Galang Press. 31 Sukerta, Pande Made. 2011. Metode Penyusunan Karya Musik:Sebuah Alternatif. Surakarta: ISI Press. Sunarto, Bambang. 2017. “Eksperimen Penciptaan Musik Nusantara Untuk Pengembangan Filsafat Ilmu Penciptaan Musik” Laporan Penelitian Institut Seni Indonesia Surakarta Supanggah, Rahayu. 2009. Bothekan Karawitan II: Garap. Surakarta: ISI Press Surakarta Surbakti, Djorelit. 2007. Mewaspadai Okultisme Klasik dan Modern. Bandung: Bina Media Informasi. Walker, S. S. 1973. “Ceremonial spirit possession in Africa and Afro-America: Forms, meanings, and functional significance for individuals and social groups”, Brill Archive. Wallace, A. R. 2001. On Miracles and Modern Spiritualism: Rise of Victorian Spiritualism, United Kingdom: Routledge. DAFTAR NARASUMBER Purwa Askanta (57 tahun), Komposer, Musisi, Dosen Mata Kuliah Komposisi di Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta Danis Sugiyanto (51 tahun) Komposer, Musisi, Dosen di Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta citation: Ikhwan, Nil (2022) THE EXOTISM OF EXORCISM. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7513/1/19.%20Laporan%20Akhir%20-%20Artistik%20-%20Nil%20Ikhwan.pdf