eprintid: 7476 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/74/76 datestamp: 2025-07-28 06:30:19 lastmod: 2025-07-28 06:30:19 status_changed: 2025-07-28 06:30:19 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Lukistyawan, Purwastya Pratmajaya Adi title: PELATIHAN VISUAL STORY TELLING SEBAGAI PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN KEMANDIRIAN SISWA TUNA RUNGU SLB YKK KABUPATEN PACITAN ispublished: unpub subjects: AD divisions: sch_art full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Visual Storytelling, fotografi, videografi, siswa Tuli abstract: Orang Tuli merupakan individu yang tidak mampu menangkap sinyal audio dan menggunakan media visual serta isyarat dan tulisan untuk mengekspresikan diri. Ketulian seseorang tidak memiliki keterkaitan dengan kecerdasan yang dimilikinya. Meskipun demikian, seringkali Orang Tuli ada dalam posisi termarginalkan dikarenakan mode yang digunakannya dalam menyerap pengetahuan berbeda dengan orang yang memiliki pendengaran. Stereotype yang terbangun di masyarakat, sekaligus kesulitan dalam akses literasi, semakin menempatkan para Orang Tuli dalam situasi yang tidak memungkinkan menceritakan perasaan dan pandangan mereka ke dunia luar. Fotografi dan videografi, menjadi medium visual yang memungkinkan untuk diakses oleh para Orang Tuli, bahkan oleh mereka yang masih berada di bawah umu. Medium visual ini memungkinkan Orang Tuli untuk menarasikan cerita mereka secara mandiri. Untuk itu, keseluruhan program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dirancang dalam bentuk pelatihan melakukan visual story telling bagi siswa-siswa serta alumni dari SLB YKK Pacitan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini, ditujukan pada siswa Tuli di SLB YKK Pacitan dengan menggunakan medium video dan fotografi. Harapannya, pelatihan ini mampu mendorong motivasi pengembangan potensi diri, kemandiriaan sekaligus ketrampilan untuk melakukan advokasi secara mandiri. Melalui kerjasama dengan para guru yang ada di SLB YKK Pacitan, kesempatan pembelajaran bagaimana melakukan visual storytelling melalui pelatihan tersebut dengan model pembelajaran yang para siswa Tuli pahami dapat diselenggarakan dengan sukses. date: 2022-11-30 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Rupa dan Desain place_of_pub: Fakultas Seni Rupa dan Desain pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Akhmad Sholeh. (2014). Kebijakan Perguruan Tinggi Negeri Yogyakarta Terhadap Penyandang Disabilitas. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. IV, No. 1, Juni 2014/1435, h. 1-30 Alies Poetri Lintangsari. (2014). Identifikasi Kebutuhan Mahasiswa Tuli dalam pembelajaran bahasa Tulis. Indonesian Journal of Disability Studies, vol.1, Issues 1 pp. 60-70. Juni 2014. N. K. C. Indirawisadi dan Supriyadi. 2019. Peran keprcayaan Diri dan Dukungan Sosial terhadap Kecemasan pada Orang Tuli di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, Edisi Khusus Kesehatan Mental dan Budaya 2, 49-59. Direktorat Jenderal PT Kemdendikbud. 2020. Panduan Layanan Kelas daring (Online) Untuk Pengajaran dan Mahasiswa Tuli/HOH/Disabilitas di perguruan Tinggi. E-file. www.dikti.kemendikbud.go,id Undang-Undang UU No 20 tahun 2003 Website: - https://sekolah.data.kemdikbud.go.id - Google maps Wawancara: Wawancara pak Totok, Kepala Sekolaj SLB YKK Pacitan pada tanggal 10 Juni 2022 Pak Lilik, Wakil Kepela Skeolah SLB YKK Pacitan pada tanggal 10 Juni 2022 citation: Lukistyawan, Purwastya Pratmajaya Adi (2022) PELATIHAN VISUAL STORY TELLING SEBAGAI PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN KEMANDIRIAN SISWA TUNA RUNGU SLB YKK KABUPATEN PACITAN. Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7476/1/11.%20%20Kelompok%20-%20Purwastya%20Pratmajaya%20Adi%20Lukistyawan.pdf