%0 Report %9 Project Report %A Prasetyo, Andry %C FSRD ISI Surakarta %F eprintsOLD:7473 %I ISI Surakarta %K Kata Kunci: Fotografi komersial, Pemasaran, Tanaman Hias %T PENDAMPINGAN FOTOGRAFI KOMERSIAL DAN PEMASARAN BAGI KELOMPOK TANI BUNGA SEJAHTERA DI TAWANGMANGU PASCA COVID-19 LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TEMATIK %U http://repository.isi-ska.ac.id/7473/ %X ABSTRAK Permasalahan promosi dan pemasaran sering menjadi kendala utama bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Tingginya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan promosi dan pemahaman pentingnya promosi, serta teknik membuat media promosi menjadi kendala utama bagi banyak UMKM. UMKM Kelompok Tani Bunga Sejahtera di Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Jawa Tengah, saat ini mengalami kendala promosi dan pemasaran. Kegiatan promosi yang dilakukan masih tradisional yaitu "gethok tular" (dari mulut ke mulut), sedangkan pemasaran dilakukan dengan menata dagangan di halaman rumah sambil menunggu pengunjung datang. Pandemi covid-19 dan adanya penutupan daerah wisata di wilayah wisata Tawangmangu, berdampak pada petani bunga. Akibatnya petani bunga terancam kebangkrutan. Berdasarkan pengamatan, promosi dan pemasaran tanaman hias Kelompok Tani Bunga Sejahtera dapat dimaksimalkan melalui rekayasa fotografi komersial, dan pemasaran secara online guna meningkatkan penghasilan. Pelaksanaan program kemitraan bersama Kelompok Tani Bunga Sejahtera yang telah disepakati meliputi: 1) Pendampingan fotografi komersial dengan kamera handphone, 2) editing foto, 3) pemembuatan promosi online, 4) pendampingan pemasaran online, 5) pendampingan transaksi online, dan evaluasi hasil pendampingan fotografi komersial dan pemasaran secara online di marketplace. Penelitian ini telah menghasilkan produk pemasaran secara online di marketplace shopee. Kata Kunci: Fotografi komersial, Pemasaran, Tanaman Hias