eprintid: 7446 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/74/46 datestamp: 2025-07-28 03:42:44 lastmod: 2025-07-28 04:10:16 status_changed: 2025-07-28 04:10:16 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Zarkasi, Much. Sofwan title: WORKSHOP PENCIPTAAN KARYA SENI RUPA ABSTRAKSI WAYANG MELALUI TEKNIK CETAK GELEMBUNG SEBAGAI STIMULUS KREATIVITAS BAGI ANAK USIA DINI (TK) ispublished: unpub subjects: AG divisions: sch_murni full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: workshop, cetak gelembung, abstrakasi wayang abstract: Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul Workshop Penciptaan Karya Seni Rupa Abstraksi Wayang Melalui Teknik Cetak Gelembung Sebagai Stimulus Kreativitas Bagi Anak Usia Dini (TK) di KB TK AL-A‟RAAF, yang beralamat di Jl. Mangesti No. G9, Genta, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah, merupakan kegiatan PKM Karya Seni yang menjawab kebutuhan dari mitra terkait sebuah strategi guna stimulus dalam menumbuhkan kreativitas pada anak usia dini (TK). Kegiatan ini berupa workshop penciptaan karya seni abstrakasi wayang, dengan teknik cetak gelembung sabun. Kegiatan workshop ini memberi ruang bermain anak-anak untuk berinteraksi langsung setelah selama 2 tahun, tereduksi proses pembelajarannya karena situasi pendemi covid 19. Melalui bermain warna dan air sabun yang gelembungnya dicetakkan ke media membentuk abstraksi wayang ini, siswa-siswi mendapatkan medan bermain untuk menumnbuhkan kreativitas dan interaksi, selain itu siswa-siswi juga didekatkan dengan kekayaan tradisi Nusantara yaitu Wayang. date: 2022-11-30 date_type: completed publisher: Fakultas Seni Rupa dan Desain place_of_pub: Fakultas Seni Rupa dan Desain pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Humar, Sahman, 1993,”Mengenali Dunia Seni Rupa”, IKIP Semarang Press. Lowenfeld, Victor dan Brittain, W. Lambert. (1975). Creative and Mental Growth. Six Edition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. Much. Sofwan Zarkasi, 2007, Figur Wayang Purwa dan Wayang Wong sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Grafis dengan Teknik Komputer, Laporan penelitian DIPA ISI Surakarta 2007. Much. Sofwan Zarkasi, 2008, Studi Penciptaan Karya Seni Grafis dengan Teknik Hot Print di Aatas Kaca, jurnal Brikolase vol 1, no 1 Desember 2009 Much. Sofwan Zarkasi, 2011 ”Studi Penciptaan Karya Seni Rupa Wayang Beber Menggunakan Teknik Kolase dengan Memanfaatkan Koran Bekas.” jurnal Brikolase vol 3, no 2 Desember 2011 Much. Sofwan Zarkasi, 2017 ”Penciptaan Karya Seni Grafis Mono Print Abstraksi Figur Punokawan dengan Teknik STENLING (Menggabungkan Teknik Stencil dan Teknik Marbling).Laporan penelitian DIPA 2017. Much. Sofwan Zarkasi, 2019 ”Cetak Telapak Tangan dan Kaki Sebagai Strategi Kreatif Penciptaan Karya Seni Rupa Potret Tokoh Wayang”, Laporan penelitian DIPA 2019 citation: Zarkasi, Much. Sofwan (2022) WORKSHOP PENCIPTAAN KARYA SENI RUPA ABSTRAKSI WAYANG MELALUI TEKNIK CETAK GELEMBUNG SEBAGAI STIMULUS KREATIVITAS BAGI ANAK USIA DINI (TK). Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7446/1/1.%20Karya%20Seni%20-%20Much.%20Sofwan%20Zarkasi.pdf