eprintid: 7411 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/74/11 datestamp: 2025-07-03 07:59:23 lastmod: 2025-07-03 07:59:23 status_changed: 2025-07-03 07:59:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Priantama, Yovan Bagas title: RANGGONANG: BOARD GAME CERITA RAKYAT MUSI BANYUASIN DENGAN METODE PLAYCENTRIC ITERATIVE DESIGN PROCESS ispublished: unpub subjects: AE divisions: sch_hum full_text_status: public keywords: Board Game, Cerita Rakyat, Playcetrix Iterative Design Process abstract: ABSTRAK Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan dan kelompok masyarakat, dengan hal ini membuat Indonesia menjadi memiliki berbagai cerita rakyat. Bujang Ranggonang adalah salah satu cerita rakyat Indonesia yang berbentuk sastra lisan berasal dari Sumatera Selatan, Kabupaten Musi Banyuasin, Kecamatan Lais. Sayangnya cerita Bujang Ranggonang ini sangat kurang mendapatkan perhatian, ditunjukan dari karya tulis yang sangat sedikit. Kurangnya pembaruan terhadap cerita rakyat ini ditakutkan dapat membuat cerita ini terlupakan oleh generasi muda. Berdasarkan hal tersebut tercetuslah ide gagasan untuk menciptakan board game berdasarkan cerita rakyat Bujang Ranggonang sebagai media pelestarian kebudayaan daerah Musi Banyuasin. Perancangan karya ini menggunakan metode Playcentric Iterative Design Process. Permainan diuji coba beberapa kali dengan berbagai golongan pemain hingga menghasilkan permainan yang menyenangkan. Permainannya sendiri dirancang berdasarkan mekanik dasar dari permainan Ludo dan Cerita Rakyat Bujang Ranggonang yang di mainkan oleh 4 orang pemain. Berdasarkan hasil ulasan yang didapat dari para pemain, mereka merasa senang dan tertarik dengan permainan Ranggonang. Dan dapat disimpulkan bahwa permainan ini dapat menjaga eksistensi cerita rakyat Bujang Ranggonang yang merupakan kebudayaan daerah Indonesia. date: 2024-12-10 date_type: completed pages: 103 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: DAFTAR PUSTAKA Agustin, R S, dan N Hasyim. 2020. “PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PENGENALAN RAMALIA UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN.” CITRAKARA. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/3746. Bandura, Albert. 1969. “Banduras_theory.pdf.” Handbook of socialization theory and research. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/43540100/Bandura1969HSTR- libre.pdf?1457523504=&response-content- disposition=inline%3B+filename%3DBanduras_theory.pdf&Expires=17273450 52&Signature=aN8LWId3-QRh- svLGOZDs9qXxmB1mKSMOmKvUyulFthMjU5Bu6Itvm3~1FY5V1fSgGGAq m6. Fullerton, Tracy. 2014. Game Design Workshop. 3 ed. New York: CRC Press. https://doi.org/10.1145/2807565.2807714. Hasan, Moh Arie, dan Dewi Yanti Liliana. 2020. “Pengenalan Motif Songket Palembang Menggunakan Deteksi Tepi Canny, PCA dan KNN.” Multinetics 6 (1): 1–7. https://doi.org/10.32722/multinetics.v6i1.2700. Kembaren, M M, dan A A Nasution. 2020. “Cerita rakyat Melayu sumatra utara berupa mitos dan legenda dalam membentuk kearifan lokal masyarakat.” … Jurnal Persuratan Melayu. 100 http://rumpunjurnal.com/jurnal/index.php/rumpun/article/view/117. Malik, Abdul. 1970. Syair: Ranggonang. Palembang. Monoarfa, H R, dan H Aryanto. 2022. “ANALISIS ILUSTRASI COVER ARTBOOK ‘GRANBLUE FANTASY GRAPHIC ARCHIVE VII.’” BARIK. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48074. Nata, Vincent Ferian, Andrian Dektisa H, S Sn, M Si, Aniendya Christianna, S Sn, M Med Kom, dan Jalan Siwalankerto. 2016. “Perancangan Video Motion Graphic Tentang Pentingnya Rating Dalam Video Game Bagi Orangtua Abstrak.” DKV Adiwarna 2: 1–8. Petrovskaya, E. 2019. “Not All Fun and Games: The Design and Evaluation of a Game to Increase Intrinsic Motivation in Learning Programming.” Researchgate.Net, no. February. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14206.95045. Phieter, J E, dan C G R Swendra. 2019. “Perancangan Board Game Untuk Pelajaran Sejarah Anak Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal DKV Adiwarna. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8673. Phieter, Josephine Edina, Cok Gde Raka Swendra, dan Hen Dian Yudani. 2019. “Perancangan Board Game Untuk Pelajaran Sejarah Anak Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal DKV Adiwarna 1 (14): 8. Pratama, Deny. 2021. “PERJUANGAN RAKYAT MUSI BANYUASIN TAHUN 101 1364-1368 H/1945- 1949 M.” UIN Raden Fatah Palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18806. Saksono, Jessica Laurentia, Deny Tri Ardianto, dan Erandaru Erandaru. 2013. “Perancangan Board Game untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis dan Menggambar Anak-Anak.” Jurnal DKV Adiwarna 1 (2): 1–11. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/625. Tillman, Bryan. 2012. Creative character design. Creative Character Design. https://doi.org/10.4324/9780240814964. Wachidah, L R, H Suwignyo, dan N Widiati. 2017. “Potensi Karakter Tokoh dalam Cerita Rakyat sebagai Bahan Bacaan Literasi Moral.” Jurnal Pendidikan: Teori …. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9620. Wijaya, Novan. 2017. “Perancangan Aplikasi Promosi Songket Palembang Berbasis Android.” Jurnal Sistem Informasi Musirawas 2 (2): 74–85. http://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jusim/article/view/15. Yetti, E. 2011. “Kearifan lokal dalam cerita rakyat nusantara: Upaya melestarikan budaya bangsa.” Mabasan. http://mabasan.kemdikbud.go.id/index.php/MABASAN/article/view/207. Yusuf, Indah Y., dan Alvanov Z. Mansoor. 2017. “INDONESIA BOARDGAME’S ECOSYSTEM MAPPING,” 275–80. 102 Zanitri, Venny, Hairunnisa, dan Sarwo Eddy Wibowo. 2018. “Pengaruh Menonton Anime Jepang Di Internet Komunitas Japan Club East Borneo.” eJournal Ilmu Komunikasi 6 (2): 15–27 citation: Priantama, Yovan Bagas (2024) RANGGONANG: BOARD GAME CERITA RAKYAT MUSI BANYUASIN DENGAN METODE PLAYCENTRIC ITERATIVE DESIGN PROCESS. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7411/1/Yovan%20Bagas%20Priantama%20-%20UP.pdf