TY - UNPB KW - Pembelajaran KW - Vokal KW - Paradigma KW - Guru KW - Murid ID - eprintsOLD7386 EP - 22 AV - public M1 - s1 PB - INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA N2 - Penelitian dengan judul ?Paradigma dan Proses Pembelajaran Vokal di MnV Music Course and Recording Ponorogo ini merupakan penelitian kualitatif. Data-data yang dikumpulkan melalui wawancara, studi pustaka, dan pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran di MnV Music Course and Recording. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mendeskripsikan tiga pokok permasalahan, meliputi: 1) Bagaimana paradigma pembelajaran vokal yang diacu oleh MnV Music Course and Recording. 2) Bagaimana paradigma tersebut diterapkan dalam proses pembelajaran vokal di MnV Music Course and Recording. 3) Bagaimana dampak pembelajaran yang ada di MnV Music Course and Recording. Untuk menemukan fenomena-fenomena yang tedapat dalam proses pembelajaran di MnV Music Course and Recording ini, penulis menggunakan teori belajar behavioristik, kognitivisme, humanistic dan sosial. Makamemberi dorongan kepada murid agar menimbulkan reaksi yang tepat seperti yang diinginkan. di dalam pembelajaran selalu terjadi aksi dan reaksi, selanjutnya bila murid mengalami masalah atau kesulitan disinilah tugas guru membimbing murid agar murid dapat berusaha memperbaiki dan memperoleh hasil yang baik. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, profil dan sejarah MnV Music Course and Recording. Kedua, Paradigma pembelajaran yang diacu oleh MnV Music Course and Recording strategi guru memberi materi sesuai kreativitas kepada murid. Ketiga Paradigma pembelajaran yang diterapkan guru kepada murid serta dampak selama belajar di MnV Music Course and Recording. Kata Kunci: Pembelajaran,Vokal, Paradigma, Guru, Murid TI - PARADIGMA DAN PROSES PEMBELAJARAN VOKAL DI MNV MUSIC COURSE AND RECORDING PONOROGO Y1 - 2024/07/02/ A1 - Dadie, Yalin Abbia Uka UR - http://repository.isi-ska.ac.id/ ER -