@unpublished{eprintsOLD7384, year = {2024}, month = {April}, author = {Satria Rizky Utama}, school = {INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA}, title = {RUANG MUSIKAL UNTUK NYAWER DALAM LAGU TAK INGIN TANPAMU: STUDI KASUS KELOMPOK MUSIK NEW MONATA}, abstract = {Skripsi ini berjudul ?Ruang Musikal untuk Nyawer dalam Lagu Tak Ingin Tanpamu: Studi Kasus Kelompok Musik New Monata?. Sebagai kelompok musik dangdut, eksistensi kelompok New Monata kiprahnya patut diperhitungkan dalam industri musik dangdut di Indonesia. Hal yang ingin dijelaskan dalam skripsi ini adalah bagaimana proses dalam ruang musikal kelompok New Monata; bagaimana bentuk musikal saat proses dilakukan; bagaimana keterkaitan antara sawer dan musik yang disajikan. Konsep yang digunakan untuk mengungkap permasalahan dalam skripsi ini adalah konsep kreativitas dari Sternberg, analisis musik dari Benamou dan Bambang Sunarto, juga dikuatkan oleh konsep psikologi perilaku sosial versi Bimo Walgito. Penelitian skripsi ini dilakukan menggunakan metode kualitatif versinya Sugiono. Adapun langkah atau prosedur yang diterapkan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, studi dokumen, analisis data, menyajikan data, penarikan kesimpulan, dan penulisan laporan. Hasil analisis menunjukkan bahwa, 1) yang terjadi dalam ruang musikal pertunjukan musik dangdut New Monata adalah bagian dari konsekuensi perilaku sosial, atau psikologi sosial, yang di dalamnya terdapat unsur reflektif yang distimulan oleh keadaan lingkungan di mana individu atau kelompok berada. Jadi proses adalah reaksi atau perilaku yang didorong oleh aktivitas menonton musik dangdut, yang kemudian dimaknai sebagai reaksi perilaku sosial. Hal itu muncul di alam bawah sadar para pelaku sawer, karena fakta sosial musik dangdut dan sawer adalah dua hal yang selalu hadir sebagai fakta sosial. 2) bentuk musik yang disajikan adalah musik bergenre dangdut koplo, disajikan dengan instrumen keyboard, bass, guitar, ketipung, drumset, seruling, dan tamborin. Format musik yang disajikan bergenre dangdut koplo. Beat musik yang dimainkan 4/4 dengan tempo yang sedang. Disajikan dengan model dangdut klasik dan koplo. 3) keterkaitan sawer dengan musik, dimaknai seperti dua sisi mata uang, yang keduanya penting dan hampir seluruh pertunjukan dangdut ada aktivitas . Hubungan keduanya adalah hubungan sebab akibat atas aksi dan reaksi. Bunyi musik sebagai aksi, respon penonton nyawer adalah reaksi. Dua hubungan itu disebut dengan istilah komunikasi musik di dalam bingkai psikologi perilaku sosial. Kata Kunci: Musik dangdut, sawer, New Monata}, url = {http://repository.isi-ska.ac.id/7384/}, keywords = {Musik dangdut, sawer, New Monata} }