%0 Thesis %9 S1 %A FAYASARI, ADHYA WILLALIF %B FSRD %D 2024 %F eprintsOLD:7376 %I ISI Surakarta %T TRANSFORMASI BUDAYA LOKAL SEBAGAI IDE REBRANDING IDENTITAS VISUAL EVENT 1 SURO DI DUSUN SUTAN KOTA MAGELANG %U http://repository.isi-ska.ac.id/7376/ %X Semakin bergantinya jaman, 1 Suro yang tadinya merupakan kegiatan keagamaan mengalami akulturasi budaya di mana budaya tersebut bercampur dengan kebiasaan dan perilaku masyarakat Jawa. Sutan merupakan dusun di Kota Magelang yang melaksanakan kegiatan 1 Suro selama 3 hari. Pada event Sutan 1 Suro terjadilah transformasi budaya yang menjadi jembatan lintas generasi. Di mana budaya lama diperkenalkan ke generasi baru dan sebaliknya. Tujuan yang dilakukan untuk memperkuat brand identity event ini adalah dengan me-rebranding identitas visual mereka yang inkonsisten. Perancangan ini menggunakan metode Desain Thinking yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu; emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan riset internet. Output yang dihasilkan berupa Logo, Maskot, dan Supergrafis yang dapat diterapkan pada media cetak maupun digital seperti layout Instagram, iklan poster, brosur, dan merchandise yang disesuaikan dengan demografi pengunjung. Kesimpulan dari perancangan ini adalah dengan memperhatikan keharmonisan desain maka estetika visual yang bermakna dapat mendukung kesuksesan suatu brand. Kata kunci: 1 Suro, budaya, rebranding, Design Thinking, estetika visual