eprintid: 7358 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 28 dir: disk0/00/00/73/58 datestamp: 2025-06-12 04:08:05 lastmod: 2025-06-12 04:08:05 status_changed: 2025-06-12 04:08:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ALFIYANTHI, DIFTA LAELY title: PERANCANGAN INTERIOR DAYCARE CENTER DI SURAKARTA DENGAN TEMA BATIK KAWUNG ispublished: unpub subjects: AE divisions: sch_hum full_text_status: public keywords: Daycare Center, Tempat Penitipan Anak, Playful, Batik Kawung abstract: Perancangan Interior Daycare Center di Surakarta dengan tema Batik Kawung merupakan perancangan desain Taman Penitipan Anak (TPA) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengasuhan dan pendidikan anak usia dini, khususnya pada masa Golden Age. Masa ini merupakan periode keemasan perkembangan anak yang membutuhkan lingkungan kondusif untuk mendukung pertumbuhan anak secara optimal. Sebagai Kota Layak Anak, Surakarta terus berkomitmen memenuhi hak anak melalui penyediaan fasilitas ramah anak. Namun, jumlah Daycare yang memenuhi standar Sekolah Ramah Anak (SRA) masih terbatas, hanya delapan unit. Oleh karena itu, dirancanglah Daycare Center yang memenuhi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) untuk usia 2–6 tahun. Perancangan ini mengusung konsep Playful dengan gaya modern serta mengintegrasikan motif Batik Kawung. Konsep Playful dipilih untuk menciptakan lingkungan yang imajinatif, menyenangkan, dan edukatif bagi anak-anak. Sementara itu, Batik Kawung dengan elemen geometri diterapkan pada elemen interior seperti dinding, lantai, dan furnitur. Proses perancangan mengadopsi metode penciptaan karya Pamudji Suptandar, yang terdiri dari tahapan Input, Sintesa, dan Output. Pendekatan yang digunakan meliputi pendekatan teknis, tema dan gaya, serta psikologi anak. Batasan ruang lingkup garap dalam perancangan ini meliputi lobby, kantor, Toddler Room, Preschool Room dan Perpustakaan Anak. Daycare ini dirancang dengan layanan fleksibel yang meliputi penitipan sementara, setengah hari, hingga penuh waktu, dengan lokasi strategis di kawasan permukiman. Diharapkan, fasilitas ini dapat memberikan solusi bagi orang tua bekerja, meningkatkan jumlah Daycare ramah anak, serta mempertahankan status Surakarta sebagai Kota Layak Anak. date: 2025-01-24 date_type: completed pages: 208 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa Dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Budiwiyanto, J. (2012). Bahan Ajar Desain Interior I. Surakarta: Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta. Bappeda Kota Surakarta. (2022). Laporan Monev Kinerja Gugus Tugas Kota Layak Anak di Surakarta. Surakarta. Chiara, J. D., & Crosbie, M. J. (2001). Time Saver Standarts for Building, Types (4th Edition). Ching, F. D. (1996). Architecture; Form, Space, And Order. Jakarta: Erlangga. Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak. (2021). Pedoman Standar Taman Asuh Ceria (TARA) / Daycare Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak. (2021). Panduan Sekolah Ramah Anak. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2021). Panduan Area Bermain dalam Ruang. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Doella, L. L. (1990). Akustik Lingkungan. (L. Prasetio, Trans.) Jakarta: Erlangga. Eilleen. (n.d.). Lingkungan Fisik dan Pendidikan Anak. Asri : Edisi April. Erikson, E. H. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Feldman, E. B. (1967). Art as Image and Idea. Inggris: Prentice Hall. Imelda, S. (1997). Seri Menata Rumah : Kamar Anak dan Remaja. Jakarta: Gramedia. Indrijati, H., & dkk. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini : Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana. 205 Montalalu. (2007). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka. Neufert, E. (1996). Data Arsitek. (T. S, & I. P, Eds.) Jakarta: Erlangga. Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Piaget, J. (2000). Psikologi Anak. (E. A. Nugraha, Ed., & M. Jannah, Trans.) New York: Pustaka Pelajar. Purnama, S., Roudhotul, R., Jazariyah, & Sabi'at, A. (2020). Desain Interior dan Eksterior Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Egaliter. Shibata, T. &. (2014). Guidance to Establish Child Friendly Toilets in Kindergarten. Ulaanbataar: Save The Children Japan. Sujiono, Nuraini, Y., & dkk. (2007). Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks. Sunarmi. (2008). Metodologi Desain. Surakarta: ISI Surakarta. Sunarmi. (2009). Buku Panduan Tugas Akhir. Surakarta: ISI Surakarta. Sunarmi. (2014). Bahan Ajar Matakuliah Ergonomi : Ergonomi dan aplikasinya pada Interior. Surakarta: ISI Surakarta. Sunarmi, & Ariyanto, A. F. (2012). Buku Ajar Matakuliah Desain Interior Public. (E. T. Sulistyo, Ed.) Surakarta: UNS Press. Suptandar, P. (1999). Disain Interior : Pengantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Disain dan Arsitektur. Jakarta: Djambatan. Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Sutopo, H. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Yamin, Martinis, Sanan, & Sabri, J. (2007). Panduan PAUD. Ciputat: Referensi. citation: ALFIYANTHI, DIFTA LAELY (2025) PERANCANGAN INTERIOR DAYCARE CENTER DI SURAKARTA DENGAN TEMA BATIK KAWUNG. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7358/1/Difta%20Laely%20Alfiyanthi_Upload.pdf