eprintid: 7352 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/73/52 datestamp: 2025-06-11 06:57:05 lastmod: 2025-06-11 06:57:05 status_changed: 2025-06-11 06:57:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kusumawardani, Lintang Apriska title: BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA ORNAMEN PADA INTERIOR MASJID CHENG HOO PANDAAN ispublished: unpub subjects: AE divisions: sch_hum full_text_status: public keywords: Bentuk, Fungsi, Interior, Makna, Masjid Cheng Hoo, Ornamen, Semiotika abstract: Penelitian dengan judul “Bentuk, Fungsi, dan Makna Ornamen Pada Interior Masjid Cheng Hoo Pandaan” ini dilatarbelakangi oleh keunikan arsitektur dan interior bangunan Masjid Cheng Hoo Pandaan yang menggambarkan akulturasi budaya Timur Tengah, Tiongkok dan Jawa secara harmonis dalam pengaplikasiannya, termasuk pada ornamen-ornamen di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk, fungsi dan makna ornamen pada interior hingga eksterior Masjid Cheng Hoo Pandaan. Strategi penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan narasumber, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan berlandaskan teori bentuk, fungsi dan semiotika untuk menafsirkan makna yang terkandung dalam tiap ornamen. Hasil penelitian sebagai berikut, ornamen yang diaplikasikan merupakan hasil representasi budaya Timur Tengah, Tiongkok dan Jawa. Terdiri dari ornamen geometris, floral, dan dekoratif. Makna ornamenornamen tersebut merepresentasikan nilai-nilai spiritual Islam yang dipadukan dengan filosofi budaya Tiongkok dan Jawa, menciptakan harmoni antara kedua budaya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ornamen pada Masjid Cheng Ho tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetis, tetapi juga sebagai simbol akulturasi budaya yang memperkaya khazanah arsitektur masjid di Indonesia. date: 2025-01-08 date_type: completed pages: 222 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa Dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: A, Salongi. (2023). karakteristik dan makna ornamen masjid hunto sultan amai gorontalo dari tinjauan semiotika. Adhimas, Y. B., Wulandari, C., & Fadia, S. A. (2023). Filosofi Ornamen Khas Tionghoa Restoran Kentjana Pecinan Bogor. Waca Cipta Ruang, 9(2), 139– 149. https://doi.org/10.34010/wcr.v9i2.9610 Adininggar, M. I., Kurnia, E. D., & Alfiah, A. (2019). Penerapan Pembauran Ornamen Islam dan Tionghoa Dalam Arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo. TIMPALAJA : Architecture Student Journals, 1(2), 140–153. https://doi.org/10.24252/timpalaja.v1i2a6 Andrijanto, M. S. (2018). Perancangan Alternatif Sign System Sebagai Informasi Lokasi Penjualan di Pasar Legi Kota Gede. Jurnal Desain, 5(03), 223. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2533 Aprilia Dewata, S., Ischak, M., Saladin, A., Arsitektur, J., & Trisakti, U. (2023). Penerapan Tata Ruang Dan Ornamen Rumah Joglo Yogyakarta Pada Taman Budaya Sleman Dengan Pendekatan Neo-Vernakular Imlementation of Planning Room and Ornaments of Joglo House in Sleman Curtural Park Using Neo-Vernakular Approach. 01(02), 241–249. Ariani, I. (2017). Analisis Makna Ornamen Masjid Muhammad Cheng Ho/郑和 Zhèng Hé Pandaan-Pasuruan. Universitas Brawijaya. Asyari, M. (2016). Studi Bentuk, Fungsi Dan Makna Ornamen Makam Di Kompleks Makam Raja-Raja Bugis. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(3), 444–460. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v8i3.1135 Azmi, Z., & Lindarto, D. (2015). Penerapan Ornamen Arsitektur Cina pada Bangunan Maha Vihara Maitreva di Medan. 1–12. Azwar. (2023). Pengaruh Desain Interior Perpustakaan Terhadap Kenyamanan Pengguna Di Perpustakaan Iais Sambas. Jurnal Sosiologi Pendidikan Dan Pendidikan IPS (SOSPENDIS), 1(2), 103–109. Budiwiyanto, J. (2021). Bentuk Dan Makna Gebyog Émpér. Brikolase, 13(1), 85– 101. https://doi.org/10.33153/brikolase.v13i1.3653 Ching, F. D. K. (1996). Ilustrasi Desain Interior. Erlangga. Ching, F. D. K. (2008). Arsitektur, Bentuk, Ruang, dan tatanan. ERLANGGA. Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia.207 Jakarta: PT. gramedia Pustaka Utama. Dharsono. (2003). Tinjauan Seni Rupa Modern (Edisi 1). Dharsono. (2004). Pengantar Estetika. Rekayasa Sains. Dharsono. (2016). Kreasi Artistik. LPKBN-Citra Sains. Feisgeral, F. (2021). Identitas Visual Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan. Universitas Brawijaya. Fikriyah, I. (2019). Tipologi Elemen Visual Pada Masjid Cheng Ho di Jawa. Universitas Brawijaya. Freddy H. Istanto. (2003). Semangat Admiral Cheng Hoo Dan Ekspresi Toleransi Masjid Muhammad Cheng Hoo Indonesia. DIMENSI (Jurnal Teknik Arsitektur), 31(1), 13–19. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ars/article/view/15782 Guntur. (2004). Ornamen Sebuah Pengantar. P2AI Bekerja Sama Dengan STSI Press. Gustami. (2008). Nukilan Seni Ornamen Indonesia. Yogyakarta : Arindo Nusa Media. H.B. Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif, Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Sebelas Maret University Press. Ismunandar, R. (2001). Joglo (Arsitektur Rumah Tradisional Jawa). Kiram, S. (2023). Pesan Simbolik Tentang Kosmologi Dan Islam Pada Batik Jlamprang Kota Pekalongan. UIN Walisongo Semarang. Lestari, S. I., Ramadhani, I., Bintarto, J., & Salma, A. (2023). Pengenalan dan Pembuatan Ornamen Sebagai Bentuk Pembelajaran Sejarah dan Kebudayaan. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 12(1), 84. https://doi.org/10.20961/semar.v12i1.61340 Megayanti, E. O., Handajani, R. P., & Ridjal, A. M. (2015). Pengaruh Penggunaan Warna Interior Masjid Tionghoa Sebagai Ruang Beribadah. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, 2(4). Moedjiono. (2011). Ragam Hias Dan Warna Sebagai Simbol Dalam Arsitektur Cina. Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik, 11(1), 17–22. Noor, A., Utama, H., Bagus, R., & Diwangkoro, B. (2024). Perbandingan filosofi Islam pada perencanaan Masjid Bulan Sabit dengan Masjid Raya Banyumas. 7(1), 60–76.208 Panuntun. (2017). BENTUK DAN MAKNA PADA RAGAM HIAS MASJID JAMI’ PITI MUHAMMAD CHENG HOO PURBALINGGA. 6, 171–185. Patriansyah, M. (2016). Kajian Estetika Ornamen Rumah Laheik Desa Seleman Kabupaten Kerinci - Jambi. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.36982/jsdb.v1i1.121 Sabatari, W. (2011). Motif hias geometris sajian khusus seni ornamen indonesia. Seminar Nasional 2011 “Wonderfull Indonesia” Jurusan PTBB FT UNY, 619–631. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132296048/penelitian/Kajian+Potensi+“We dang+Uwuh”++Sebagai+Minuman+Funsional.pdf Sachari Agus. (2005). Pengantar Metodologi Budaya Rupa; Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya. Erlangga. Salim, P. (2016). Memaknai Pengaplikasian Ornamen pada Atap Bangunan Klenteng Sebagai Ciri Khas Budaya Tionghoa. Aksen : Journal of Design and Creative Industry, 1(2), 50–64. https://doi.org/10.37715/aksen.v1i2.130 Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Sundari. (2018). Kearifan Lokal Dalam Institusi Publik. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Sumadi. (2016). Various Decorative of Kala As an Ornamental Art Works. Ornamen, 1–32. http://jurnal.isiska.ac.id/index.php/ornamen/article/view/1017 Sumalyo, Y. (2000). Arsitektur Masjid dan Monumen Sejarah Muslim. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press,. Sunaryo, A. (2011). Ornamen Nusantara. Dahara Prize. Suptandar, J. P. (1999). Desain Interior : Pengantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Desain dan Arsitektur. Jakarta: Djambatan. Tanaja, T. V., Tulistyantoro, L., Studi, P., Interior, D., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2017). Kajian Ikonografi Ornamen pada Interior Masjid Cheng Hoo Surabaya. 5(2), 174–181. Tanuwijaya, C. (2023). Analisis Budaya Tionghoa Indonesia Pada Video Iklan Imlek Bca 2022 “Pesan Singkat Sincia Warrior.” Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 11(2), 130–141. https://doi.org/10.9744/century.11.2.130-141209 Wulandari, E. (2016). Kajian Ikonografi Arsitektur dan Interior Masjid Cheng Hoo Purbalingga. Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Yuanzhi, K. (2015). Muslim Tionghoa CHENG HO Misteri Perjalanan Muhibah di Nusantara. Yayasan Pustaka Obo citation: Kusumawardani, Lintang Apriska (2025) BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA ORNAMEN PADA INTERIOR MASJID CHENG HOO PANDAAN. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7352/1/LINTANG%20APRISKA%20KUSUMAWARDANI%20-%20UPLOAD.pdf