eprintid: 7346 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/73/46 datestamp: 2025-05-23 09:12:02 lastmod: 2025-05-23 09:12:02 status_changed: 2025-05-23 09:12:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PARDEDE, ANGELYA FEBYOLA title: KAJIAN PENERAPAN ELEMEN INTERIOR DALAM MEMBENTUK BRANDING INTERIOR PADA MANISHA CAFÉ DI SURAKARTA ispublished: unpub subjects: AE divisions: sch_hum full_text_status: public keywords: Branding, interior, kafe, Surakarta abstract: Seiring dengan perkembangan zaman, bisnis kafe di era modern menjadi semakin menjanjikan, tidak hanya sebagai tempat makan dan minum, tetapi juga sebagai ruang berkumpul dan tempat pertemuan kerja. Gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung menyukai interaksi tatap muka dan bersosialisasi mendorong kebutuhan akan tempat yang dapat memenuhi keinginan tersebut. Dalam konteks kafe, desain interior memegang peranan penting dalam menciptakan atmosfer yang berpengaruh terhadap pengalaman konsumen. Persaingan dalam menarik dan mempertahankan pelanggan menjadi tantangan utama, di mana branding interior menjadi faktor krusial dalam membedakan suatu kafe. Pemilihan Manisha Café sebagai objek penelitian ini juga didasarkan pada tingginya rating Google Maps yang mencapai 4.3, menandakan kepuasan pelanggan yang menyoroti keunggulan kafe ini, termasuk suasana yang nyaman, pelayanan yang ramah, dan desain interior yang dinilai hangat, aesthetic serta "Instagramable". Penelitian ini dilakukan pada Manisha Café, yang dikenal melalui berbagai platform sebagai kafe dengan desain interior yang hangat dan disebut sebagai salah satu coffee shop paling "Instagramable" di Solo. Tujuan utama penelitian adalah untuk menerapkan konsep interior branding berdasarkan teori Kim Kuhteubl, yang mencakup aspek clear vision, unique story, dan energy. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara desain interior dan branding di Manisha Café melalui wawancara, observasi, dokumentasi foto, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manisha Café berhasil mengimplementasikan teori branding interior Kuhteubl, terlihat dari elemenelemen seperti signage, tata letak furniture (clear vision); elemen pembentuk ruang lantai, dinding, ceiling (unique story); serta pencahayaan dan penghawaan (energy). Pendekatan branding yang konsisten ini tidak hanya menciptakan pengalaman positif bagi pengunjung, tetapi juga me date: 2024-12-20 date_type: completed pages: 157 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa Dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Arina, Wheeler. Designing Brand Identity : A Complate Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. Fourth Edi. New Jersey: John Willey & Sons, Inc., 2003. Ashby, M. F., Shercliff, H., & Cebon, D. (2007). Materials: Engineering, Science, Processing and Design. Oxford: Butterworth-Heinemann. Baraban, R. S., & Durocher, J. F. (2001). Successful Restaurant Design. New York: John Wiley & Sons. Bennet, Corwin.1997. Space for people: Human Factor in Design. New Jersey: Prentice Hall. Berman, B. (1992). Retail Management: A Strategic Approach. New York: Macmillan Publishing Company. B Lawson, The Language of Space (Architectural Press., 2001). Bowers, Helen. Interior Materials and Surfaces: The Complete Guide. Firefly Books. 2005:75 Budiwiyanto, Joko. Bahan Ajar Desain Interior I, 2012. Ching, Francis D.K. Ilustrasi Desain Interior. Jakarta: Erlangga, 1996. Dager, E. P. (1992). The Power of Color in Promotion. New York: McGraw-Hill Dodsworth, S. The Fundamentals of Interior Design. Edisi Kedu. AVA Publishing, 2009. Doe, J. Restaurant Planning and Design. New York.: ABC Publishers, 2020. Frick, Heinz dan Pujo L. 2002. Setiawan. Ilmu Kontruksi Perlengkapan dan Utilitas Bangunan. Yogyakarta: Kanisius.131 Hartman, T. (1987). The Color Code. New York: Scribner. H.B, Sutopo. Metodologi Penelitian Kualitatif ; Dasar Teori Dan Terapannya Dalam Peneltian. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2006. Kapferer, J.-N. The New Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity Long Term. Kogan Page, 2008. Kotler, P. & Keller, K. Marketing Management. Pearson Education., 2009. Kuhteubl, Kim. Branding + Interior Design, Visibility and Business Strategy for Interior Designers. Schiffer Publishing, Ltd, 2016. Notoatmodjo, S. (2018). Kerangka konseptual dalam penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Panero, J & Zelnik, R. Human Dimensions In Innterior Design. New York: McGraw-Hill, 1979. Pile, John F. Colour in Interior Design. London: Thames & Hudson., 2003. Said, I. Psikologi Warna Dalam Desain. Jakarta: Erlangga, 2006. Sanyoto, H. (2009). Nirmana, Elemen-Elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra. Satwiko, Prasasto.2009. Fisika Bangunan. Yogyakarta: Andi offset Soekresno. Manajemen Food & Beverage Service Hotel. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2016. Solomon, Michael R. Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson Education., 2009. Wicaksono, Andie. A., & Tisnawati, Endah. Teori Interior. Jakarta: Griya Kreasi, 2014. Wong, W. (1986). Principles of Two-Dimensional Design. New York: Van Nostrand Reinhold. citation: PARDEDE, ANGELYA FEBYOLA (2024) KAJIAN PENERAPAN ELEMEN INTERIOR DALAM MEMBENTUK BRANDING INTERIOR PADA MANISHA CAFÉ DI SURAKARTA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7346/1/ANGELYA%20FEBYOLA%20PARDEDE_201501023%20-%20UPLOAD.pdf