TY - THES N2 - Personal branding menjadi elemen penting dalam mengembangkan citra diri yang kuat, baik untuk individu profesional, konten kreator, maupun pebisnis. Dengan peran media sosial yang semakin dominan, personal branding bukan lagi sekedar alat untuk mempromosikan diri, namun juga sebagai sarana untuk menciptakan spesialisasi diri yang mencerminkan nilai dan karakter seseorang. Selain itu, keberadaan platform online seperti Instagram dapat memperluas jangkauan ngagement, serta memungkinkan untuk membentuk hubungan langsung dengan audiens. Penelitian ini mengkaji personal branding Marc Klok yang merupakan modern-athlete yang memiliki citra diri di Instagram yang beragam. Kemampuan yang dimiliki Marc Klok antara lain sebagai konten kreator, entrepreneur, social activies, dan public speaker. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menentukan strategi kreatif dari personal branding Marc Klok di platform Instagram dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah akun Instagram @marcklok. Strategi personal branding dibedah berdasarkan pengamatan konten dan hasil wawancara yang kemudian membentuk tema. Hasil dari analisis strategi kreatif personal branding membentuk temuan tema yang selanjutnya dikaitkan dengan beberapa teori personal branding tertentu. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa strategi kreatif personal branding Marc Klok di Instagram terbagi dalam lima strategi yaitu, content plan, visual, media, treatment, dan evaluasi. Efektivitas strategi pada konten dalam menjangkau audiens tergantung dari berbagai hal. Namun, konten yang bersifat kolaborasi dengan pemain lain dapat menjangkau lebih banyak audiens Instagram. Kata kunci: strategi kreatif, personal branding, atlet sepak bola, instagram PB - ISI Surakarta A1 - Kharismawan, Akhlis Dwi Y1 - 2025/// M1 - s1 UR - http://repository.isi-ska.ac.id TI - STRATEGI KREATIF PERSONAL BRANDING ATLET SEPAK BOLA MARC KLOK MELALUI FITUR SUBSCRIPTION DI INSTAGRAM ID - eprintsOLD7298 AV - public ER -