eprintid: 7290 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/72/90 datestamp: 2025-04-28 07:58:14 lastmod: 2025-04-28 07:58:14 status_changed: 2025-04-28 07:58:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Falasifa, Malisa Almas title: REMPAH KRETEK SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MOTIF PADA BUSANA KEBAYA ispublished: unpub subjects: AH divisions: sch_edu full_text_status: public keywords: Kretek, Motif, dan Busana Kebaya. abstract: ABSTRAK Rempah Kretek Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Tugas Akhir ini. Desain motif yang dipilih menjadi ide karya tugas akhir merupakan ciri khas dari kota Kudus. Kretek terbuat dari tembakau dan cengkih serta dipadukan dengan saus perasa. Asal usul nama "Kretek" berasal dari suara rempah saat dihisap. kretek memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari rempah lainnya. Keunikan utamanya adalah campuran tembakau dengan cengkeh, yang memberikan sensasi dan aroma khas saat merokok. Selain itu, proses pembuatan rempah kretek yang membutuhkan keahlian khusus juga menambah daya tariknya. Dengan keunikan dari rempah kretek inilah yang saya ekplorasi menjadi motif batik. Tema busana yang diambil adalah busana kebaya. Teknik batik tulis dengan teknik pewarnaan remazol colet dan celup. Batik dengan motif utama rempah kretek dengan pemilihan warna identik dengan merah, hitam dan abu-abu. Metode penciptaan Karya Tugas Akhir ini terdiri dari Eksplorasi, Inkubasi, Konseptualisasi dan Materialisasi. Karya Tugas Akhir yang diwujudakan terdapat 5 karya busana. Pertama berjudul Raya Cendana yang bermakna awal dari daun tembakau dan cengkeh yang melambangkan kekhasan aromanya. Karya kedua berjudul Raya Widayu yang bermakna awal dari cengkeh yang empunyai arti memilikikarakter jiwa pemimpin. Karya ketiga berjudul Raya Bhumi yang bermakna awal daridaun tembakau dan cengkeh yang mempunyai arti bentuk stilasi dari motif daun tembakau dan motif pendukung berupa bentuk cengkeh, bunga lawang dengan tetap menggunakan keorganikan atau keaslian motif. Karya ke empat berjudul Raya Prijaji yang bermakna dari daun tembakau dan cengkeh yang mempunyai arti penggambaran manusia yang mampu mengarahkan kebaikan dan kebahagiaan. Dan yang terakhir Raya Tanjung bermakna awal dari cengkeh dan daun tembakau. penggambaran tentang rasa syukur atas kecerdasan yang telah dimiliki sehingga mampu membagikan ilmu dalam kehidupan masyrakat umum yang mampu mewujudkan rasa kebahagiaan dalam diri seseorang. date: 2024-10-17 date_type: completed pages: 126 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: DAFTAR ACUAN Dewi, Danastri Ratna Nursinta, Zakkia, Luthfia Umma, Khoiruddin, Wahib dan Harismah, Kun. ( 2018 ) Pengaruh pH terhadap Lamanya PenyimpananSediaan Ekstrak Daun Seligi dan Eugenol dari Minyak Daun Cengkeh Sebagai Obat Antinyeri. Prosiding Seminar Nasional dan Teknologi. Faiza, Marliana Noor, Aula Zahirotul Maulida, dan Zuliana Eka. 2023. “Eksplorasi Etnomatematika Grafis Motif Batik Kudus Jawa Tengah.”. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 9 (3): 198–204. Fitria Fita, dan Wahyuningsih Novita. ( 2019). Kebaya Kontemporer Sebagai Pengikat Antara Tradisi Dan Gaya Hidup Masa Kini. Jurnal Atrat. Guntur. (2016). Metode Penelitian Artistik. ISI Press Ikasari, Maulida Nurul dkk. 2017. “Gambaran Viabilitas Spermatozoa Pada Perempah Aktif Nurul.”, 40. Jurnal Hukum. Wibisono,Nuran. Yoanddinas, Marlutfi (2014). "Kretek : kemandirian dan kedaulatan bangsa Indonesia". Koalisi Nasional Penyelamatan Kretek. Khaifa dan Khusna Nurma. ( 2018 ) Resistensi Atas Pengendalian Tembakau Terhadap Hak-Hak Ekonomi, Sosial, Dan Budaya Di Kalangan PetaniSrinthil. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial Soetiarto Farida. (1995 ) Mengenal lebih jauh rokok kretek. Media Litbangkes Vol. V No.04. Monika, Erica Dwi, ( 2019 ). “Penciptaan Motif Batik Cengkeh”. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.” Munib M.Abdim. (2014) Perlindungan Hukum Produk Motif Batik Jonegoroan. Perpustakaan ISI Yogyakarta.. Pratama Mamat, Razak Raiz, dan Rosalina Sandra Vivien.( 2019 ) Analisis Kadar Tanin Total Ekstrak Etanol Bunga Cengkeh Menggunakan Metode Spektrofotometri UVVIS. Jurnal Fitofarmaka Indonesia Puthut. ( 2013 ). Ekspedisi Cengkeh. Edited by Puthut EA. 1st ed. Makassar: Ininnawa dan Layar Nusa. Putu Dewa Ayu, Sari Leliana. ( 2022 ). “Eksistensi Kebaya Ready To Wear Pada Masa Pandemic COVID 19 Di Bali.” Jurnal Bali Membangun Bali. (2):125–34. 120 Radjab, S. (2013). Dampak Pengendalian Tembakau Terhadap Hak-Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya menjelaskan tentanng hak ekonomi, social dan budaya pada Tembakau. Rivo/Rahmani. ( 2023 ) sejarah rempah kretek. Salma Rohana Irfa’in, ( 2015 ) Wibowo Ariesahad Anugrah, dan Satria Yudi.Kopi dan Kakao Dalam Kreasi Motif Batik Khas Jember. Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah. Saras Tresno, ( 2023 ). Keajaiban Herbal dalam Pengobatan dan Kesehatan. Tiram Media Setiawan, Heru Dwi. 2021. “Nalisis Motif Batik Daun Tembakau Di Industri Griya Batik Barata Desa Tegalwaru Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.” Sudarwanto, A. (2019). Penerapan Model Bentuk Transformasi MenggunakanTeknik Karakter Terkuat Untuk Menghasilkan Motif Batik. Texture: Art and Culture Journal. Wibisono Nuran, dan Yoandinas Marlutfi. (2014). Kretek: Kemandirian dan Kedaulatan Bangsa Indonesia. 121 Sumber Internet https://id.wikipedia.org/wiki/Keretek. https://media.neliti.com/media/publications-test/152184-mengenal-lebih- jauh-rokok-kretek-6ae73133.pdf. https://bolehmerokok.com/2021/02/mengenal-bahan-baku-kretek. https://hellosehat.com/hidup-sehat/berhenti-merokok/kandungan-dan- bahaya-rokok-kretek. https://id.wikipedia.org/wiki/Rokok https://id.wikipedia.org/wiki/Keretek https://www.google.com/search=daun+tembakau+rokok&sxsrf https://www.belumadajudul.com https://indonesiabaik.id/infografis/kebaya-busana-khas-perempuan- https://www.detik.com/jatim/budaya/d-6391924/sejarah-kebaya-di- https://www.instagram.com/p/CwT0ebrJDCx/?igshid https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/berbagai-julukan-kota-kudus https://bangka.tribunnews.com/2020/01/04/bukan-hanya-untuk-rokok- https://www.google.com/search?q=daun+tembakau&rlz=1C1ONGR https://id.wikipedia.org/wiki/Batik_Kudus https://www.fimela.com/fashion/read/5590250/16-kebaya-model-terbaru Data Wawancara Suyanti. 50 tahun. Pemilik Nalendra Gallery Batik Jepara. Jepara, 1 5 Februari 2024 pukul 13.21 WIB. Ummu Asiyati 55 tahun. Pemilik AlfaShofa Galery Kudus, Kudus. 14 Juli 2023 pukul 10.19 WIB. citation: Falasifa, Malisa Almas (2024) REMPAH KRETEK SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MOTIF PADA BUSANA KEBAYA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7290/1/Malisa%20Almas%20Falasifa%20-%20UP.pdf