TY - THES M1 - s1 UR - http://repository.isi-ska.ac.id Y1 - 2024/// N2 - Kabupaten Karanganyar memiliki dua wilayah pariwisata yaitu Tawangmangu dan Ngargoyoso. Dua daerah ini menjamur berbagai tempat wisata dengan menonjolkan keunikan masing-masing. Menjamurnya destinasi wisata membuat persaingan mendapatkan pengunjung menjadi sengit. Taman Satwa Kemuning merupakan satu-satunya Mini Zoo di Kabupaten Karanganyar. Banyaknya potensi yang dimiliki Taman Satwa Kemuning tidak diikuti dengan identitas visual yang konsisten. Perancangan identitas visual dibutuhkan agar Taman Satwa Kemuning dapat lebih dikenal dan bersaing dengan destinasi wisata di daerah Ngargoyoso. Perancangan identitas visual menggunakan metode dari Surianto Rustan yaitu Riset, Strategi, Visualisasi, Penerapan identitas visual. Pada tahap visualisasi menggunakan Morphological Matrix untuk membantu eksplorasi ide. Sedangkan media promosi akan menggunakan metode dari Rama Kertamukti yaitu menentukan audiens, menentukan tujuan, menentukan media, menentukan pesan yang akan disampaikan. Dengan menggunakan satwa eksotik sebagai ciri khas menghasilkan identitas visual yang kuat dan media promosi efisien serta komunikatif. Kata Kunci: Identitas Visual, Taman Satwa, Morphological Matrix TI - SATWA EKSOTIK SEBAGAI CIRI KHAS IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI UNTUK TAMAN SATWA KEMUNING KARANGANYAR A1 - MINTARSO, WIDHI AV - public PB - ISI Surakarta ID - eprintsOLD7281 ER -