eprintid: 7268 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/72/68 datestamp: 2025-04-21 07:40:48 lastmod: 2025-04-21 07:40:48 status_changed: 2025-04-21 07:40:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitriananda, Gizsella Rizky title: TARUB ispublished: unpub subjects: AC divisions: sch_geo full_text_status: public keywords: TARUB, Karya TARUB, Ketupat Lepas, Ronggeng Topeng. abstract: TARUB merupakan hasil ketertarikan pengkarya pada sosok Ronggeng Topeng. Ronggeng Topeng merupakan nama tokoh yang terdapat pada kesenian topeng betawi yang merupakan kesenian rakyat, ronggeng topeng juga biasanya turut hadir sebagai saksi pada ritual Tarik ketupat lepas didalam ritualnya tersebut. dalam upacara ritual Tarik Ketupat Lepas pada kesenian betawi di DKI Jakarta dan kemudian pengkarya Tarik kedalam kehidupannya. Berangkat dari ketertarikan pengkarya terhadap fenomena “si Ronggeng Topeng” pada tarik ketupat lepas atau (kaulan) adalah suatu ritual yang ada di Jakarta khususnya masyarakat Betawi, membuat pengkarya terinspirasi untuk menjadikannya konsep dasar karya tari TARUB berangkat dari konsep spontanitas yang pengkarya ambil dari sosok Ronggeng Topeng betawi. Hawkins M Alma, terjemahan I Wayan Dibia tahun 2003 yaitu Bergerak Menurut Kata Hati Metode Baru Dalam Menciptakan Tari. Buku ini memberi gambaran bagi pengkarya dalam mengungkapkan pengalaman pribadi ke dalam bentuk karya tari. maka setiap kehidupan itu tidak akan lepas dari perbuat sesuatu dengan mengikuti kehendak hati dalam mengendalikan perasan dalam diri. Menurut Sumandiyo Hadi dalam bukunya Koreografi Kelompok, Bentuk koreografi kelompok semata-mata menyadarkan diri pada keutuhan kerjasama antar penari sebagai perwujudan bentuk, yang artinya para penari diharuskan ada kerjasama, saling ketergantungan atau terkait satu sama lain. Proses karya TARUB melalui beberapa tahapan, diantaranya: tahap persiapan, tahap observasi, tahap penggarapan, tahap pemantapan dan evaluasi. Adapun hasil karya “TARUB” sebagai bentuk ungkap pengkarya dalam merespon kata hati pada diri sendiri. date: 2023-06-27 date_type: completed pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Almam Hawkins M, terjemahan Dibia I Wayan. 2003. Bergerak Menurut Kata Hati Metode Baru Dalam Menciptakan Tari. Dinas Kebudayan Provinsi DKI Jakarta. 2009. Buku Profil Seni Budaya Betawi. Jakarta. Dewan Kesenian Jakarta. 2014. Buku Telisik Tari Betawi Topeng dan Cokek. Jakarta. Hadi, Sumandiyo. 2007. Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarya: ISI Yogakarta Pess Hadi, Sumandiyo. 2003. Koreografi Kelompok. Yogyakarta: eLKAPHI Lembaga Kajian Pendidikan dan Humaniora Indonesia. Nalan, Arthur. S. 1999. Aspek Manusia dalam Seni Pertunjukan. Bandung: STSI Press Bandung. Indonesia, Warisan Budaya Takbenda. 2019. Ketupat Lepas Betawi. warisanbudaya.kemdikbud.go.id Indonesia, Setu Babakan. 2020. Kaulan/Nazar. www.setubabakanbetawi.com Indonesia, Warisan Budaya Takbenda. 2019. Ketupat Lepas Betawi. warisanbudaya.kemdikbud.go.id Meri La, terjemahan Soedarsono. 2010. Elemen – Elemen Dasar Komposisi Tari. Sekretariat Direktoral Jenderal, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018. Ketupat lepas. www.dapobud.kemdikbud.go.id citation: Fitriananda, Gizsella Rizky (2023) TARUB. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7268/1/Gizsella%20Rizky%20Fitriananda%20%20-%20POTONG.pdf