TY - UNPB TI - PENCIPTAAN BUKU KOMIK SEBAGAI MEDIA PANDUAN MEMBUAT DESAIN KARAKTER A1 - Trahono, Adhi ID - eprintsOLD7264 N2 - Penelitian ini memulai sebuah eksplorasi visual yang menggabungkan kreativitas dan teknologi dalam seni pembuatan karakter game. Sebuah komik edukatif dibuat sebagai panduan dinamis, mengajak para penggemar video game untuk merenungkan secara mendalam proses penciptaan karakter melalui medium seni sekuensial atau komik. Fokus utama adalah pada desain instruksional yang ditargetkan pada pembuatan karakter game khususnya untuk anak Generasi Z. Pendekatan ini menggunakan komik sebagai sarana edukatif untuk mengajarkan keterampilan desain karakter yang diperlukan dalam pengembangan game. Hasil survei terhadap peserta dari CODY'S APP ACADEMY (CAA) menunjukkan bahwa hampir 90% dari mereka menghadapi kesulitan dalam menciptakan karakter permainan dan lebih memilih untuk mengandalkan karakter yang sudah tersedia di Internet. CAA telah merespons dengan melatih siswanya untuk mandiri dalam membuat karakter melalui penerbitan panduan berjudul "Ayo Membuat Desain Karakter". Metodologi penelitian melibatkan pengumpulan data dan pengujian terhadap siswa CAA. Komik, sebagai medium hiburan dan edukasi, ditemukan memberikan informasi dengan cara yang efektif. Temuan dari penelitian ini menegaskan bahwa komik dapat berperan sebagai media pendidikan yang efektif melalui penggunaan gambar dan cerita. Serial komik ini telah berhasil memberikan pelatihan kepada anak-anak atau pembaca dalam menguasai seni menciptakan karakter. Dengan hampir 75% anak-anak yang memahami dan dapat menggambar karakter versi mereka sendiri, komik edukatif ini terbukti melampaui tutorial tradisional. Dengan memberikan perjalanan yang dinamis dan visual yang mendalam ke dalam inti penciptaan karakter permainan, komik ini mengundang para kreator pemula untuk menggali kekuatan penyampaian cerita melalui medium visual. Dengan demikian, komik ini diharapkan dapat membantu menumbuhkan gelombang baru pengembang game yang tidak hanya kompeten secara teknis tetapi juga memiliki bakat seni. KW - Kreativitas KW - teknologi seni KW - karakter game KW - komik KW - video game Y1 - 2024/// M1 - s2 EP - 78 AV - public PB - ISI Surakarta UR - http://repository.isi-ska.ac.id/7264/ ER -