eprintid: 7263 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/72/63 datestamp: 2025-04-17 02:45:45 lastmod: 2025-04-17 02:45:45 status_changed: 2025-04-17 02:45:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pamungkas, Gilang Rayiputra title: Proses Kreatif Penciptaan Lara Raga Singo Lodra dalam Karya Tari Dhra ispublished: unpub subjects: AC divisions: sch_geo full_text_status: public keywords: Dhra, kreativitas, dan koreografi abstract: Karya tari Dhra merupakan sebuah karya koreografi yang merupakan wujud penginterpretasian dari sebuah fenomena bentuk kekuatan, kesakitan, pengorbanan dan spirit yang ada dalam tubuh seorang pembarong ketika memainkan topeng dadak merak di pertunjukan Reyog Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses kreatif penciptaan karya tari Dhra. (2) Menganalisis bentuk koreografi karya tari Dhra. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian artistik yang berbasis praktik (Practice Based Research). Untuk menggambarkan proses kreatif penciptaan karya tari menggunakan teori 3R oleh Eko Supriyanto dan Alma Hawkins. Untuk menganalisis bentuk koreografi menggunakan teori Y Sumandiyo Hadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya tari Dhra merupakan karya yang digarap Gilang Rayiputra Pamungkas melalui proses kreatif dengan tahapan Re-Visiting, Re-Questioning, dan Re-Interpreting. Kemudian melalui tahap proses penciptaan yaitu eksplorasi, improvisasi, komposisi, evaluasi, rehearsal, dan pementasan. Karya tari Dhra disajikan oleh dua penari laki-laki. Karya tari ini terbagi menjadi empat adegan. Pertama, dimulai dengan unjuk ketubuhan pengkarya sebagai wujud pengalaman empiris Gilang Rayi dalam berkesenian di Reyog Ponorogo. Kedua, diwujudkan dengan gerakan berpasangan beradu kekuatan otot yang didasari oleh gerak tari pada kesenian Reyog Ponorogo. Ketiga, mengungkapkan bentuk semangat penari pembarong. Keempat, menggambaran pengorbanan dan spirit penari pembarong ketika menahan rasa sakit dalam memainkan topeng dadak merak. Hasil penelitian ini akan memperkaya khasanah pengetahuan dan pendidikan tentang seni budaya di Indonesia, dan menyadarkan peserta didik untuk lebih menghargai budaya Indonesia. date: 2023 date_type: completed pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Danandjaja, J. (1984). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: PT Grafiti Pers. Endarmoko, Eko. (2016). Tesamoko: Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Febriyantoro, Rizky. (2021). Karya tari Doxa (Laku Spiritual Penari Bujang Ganong). Skripsi: ISI Surakarta. Hadi, Y. Sumandiyo. (2003). Aspek-Aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: ELKAPHI. Hawkins, Alma M. (1990). Creating Through Dance (Mencipta Lewat Tari), diterjemahkan oleh Y. Sumandyo Hadi. Yogyakarta: ISI Yogyakarta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta Balai Pustaka. Mackrell, Judith. (1997). Reading Dance. Michael Joseph Ltd. Pamilu, Anik. (2007). Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku Kita. Ponorogo, Pemkab. (2004). Pedoman Dasar Kesenian Reog Ponorogo dalam Pentas Budaya Bangsa. Ponorogo: Mata Pena. Pratama, Irwan Yuda. (2018). Dadak Merak. Skripsi: ISI Surakarta. Purwowiyono. (1985). Babad Ponorogo Jilid I – VII R.A. Surodiningrat. Ponorogo. Rachmawati, Yeni & Kurniati, Euis. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud. Rohidi, Tjetjep Rohendi. (2011). Metode Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara. Soemarto. (2014). Menelusuri Perjalanan Reyog Ponorogo. Ponorogo: CV. Kotareog Media. Subeno, Heru. (2008). Analisis Nilai, Moral dan Sosial Cerita Tari Warok dalam Kesenian Reog Ponorogo. Yogyakarta. Supriyanto, Eko. (2018). Ikat Kait Impulsif Sarira, Gagasan yang Mewujud Era 1990-2010. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca. Yulianti, Ninik Putri. (2022). Emas Tempawan Putri Dhaha dalam Karya Tari Halang. Skripsi: ISI Surakarta. citation: Pamungkas, Gilang Rayiputra (2023) Proses Kreatif Penciptaan Lara Raga Singo Lodra dalam Karya Tari Dhra. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7263/1/Proses%20Kreatif%20Penciptaan%20Lara%20Raga%20Singo%20Lodra%20dalam%20Karya%20Tari%20Dhra.pdf