eprintid: 7260 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 27 dir: disk0/00/00/72/60 datestamp: 2025-04-17 02:08:25 lastmod: 2025-04-17 02:08:25 status_changed: 2025-04-17 02:08:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Faradila, Faradila title: INTERPRETASI TOKOH SRIKANDHI DALAM PENCIPTAAN KARYA TARI PINENTHANGING RASA SAMPURNANING RAGA ispublished: unpub subjects: AC divisions: sch_geo full_text_status: public keywords: Pinenthanging Rasa Sampurnaning Raga, Interprestasi, Srikandhi abstract: Penelitian dengan judul “Pinenthanging Rasa Sampurnaning Raga” membahas tentang bentuk sajian dan interpretasi tokoh Srikandhi dalam karya Pinenthanging Rasa Sampurnaning Raga. Pembahasan tersebut dikaji berdasarkan teori bentuk Suzanne K. Langer dengan elemen-elemen konsep bentuk tari Sumandiyo Hadi. Interpretasi berdasarkan Hermeneutika Hans George Gadamer oleh Abdul Hadi W.M payung pendekatan penelitian ilmiah. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka) analisa data dan penyusunan laporan terhadap karya tari Pinenthanging Rasa Sampurnaning Raga. Hasil penelitian ini menunjukan karya tari Pinenthanging Rasa Sampurnaning Raga merupakan bentuk ungkapan ide konsep dari pengalaman empiris Faradila yang terilhami oleh tokoh Srikandhi yang diwujudkan dalam bentuk karya tari. Karya tari ini menggunakan ragam gerak putri, alus dan gagah gaya Surakarta terdapat kolaborasi tembang, teatrikal dan properti. Rias tata busana sesuai kebutuhan ide dan konsep garap. Secara interpretasi yakni bentuk pencapaian rasa atau suasana yang ingin diungkapkan pada karya tari Pinenthanging Rasa Sampurnaning Raga. date: 2023-06-26 date_type: completed pages: 1 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: Hadi, Abdul W.M. 2004. Hermeneutika, Estetika, Dan Religiusitas. Yogyakarta: Mahatari. Hadi, Y. Sumandiyo. 2003. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: eLKHPHI. Hadi, Y. Sumandiyo. 2017. Koreografi Ruang Proscenium. Yogyakarta: Cipta Media. Hawkins, Alma M. 1990. Mencipta Lewat Tari (creating through dance). Diterjemahkan oleh Y. Sumandiyo Hadi. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Langer, K. Suzanne. 1988. Problematika Seni. Bandung: Akademi Seni Tari Indonesia. Maryono. 2015. Analisa Tari. Surakarta: ISI Press. Prihatini, dkk. 2007. Joged Tradisi Gaya Kasunanan Surakarta. Surakarta: ISI Press. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Slamet MD. 2014. Melihat Tari. Surakarta: Citra Sain. Soedarsono, R.M. 1978. Diktat Pengantar Pengetahuan Dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia Sudjarwo, S Heru, dkk. 2010. Rupa & Karakter Wayang Purwa. Jakarta: Kakilangit Kencana. Tim Penyusun Panduan Tugas Akhir. 2019. Panduan Tugas Akhir Fakultas Seni Pertunjukan. Surakarta: ISI Press. Yahya, A. 2017. “Kepenarian Tokoh Srikandhi dalam Karya Tari Srikandhi Senopati (Gubahan Nanuk Rahayu)”. ISI Surakarta. Ekayani, A. 2017. “Tokoh Srikandhi dalam Karya Tari Gladhen”. ISI Surakarta. Purwanti, R., & Widyastutieningrum, S. R. 2015. Interpretasi Karakter Kunthi Oleh Tiga Penari Pada Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 13(1). Pertamasari, P. D. 2019. Estetika Karya Seni Tari Srikandhi Senopati (kajian Kritik Holistik). ISI Surakarta. citation: Faradila, Faradila (2023) INTERPRETASI TOKOH SRIKANDHI DALAM PENCIPTAAN KARYA TARI PINENTHANGING RASA SAMPURNANING RAGA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7260/1/Faradila%20%20-%20POTONG.pdf