eprintid: 7251 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 25 dir: disk0/00/00/72/51 datestamp: 2025-04-16 07:39:18 lastmod: 2025-04-16 07:39:18 status_changed: 2025-04-16 07:39:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Larasati, Anissa title: FUNGSI DAN MAKNA TARI DONGKREK DI DESA GENDOMAN KABUPATEN MADIUN ispublished: unpub subjects: AC divisions: sch_geo full_text_status: public keywords: Karakter, Fungsi, Makna abstract: Tari Dongkrek Krido Sakti merupakan jenis pertunjukan yang berasal dari Desa Gendoman Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Sejarah tari Dongkrek bermula pada tahun 1866 ketika Desa Mejayan diserang suatu wabah yang oleh masyarakat disebut dengan pageblug. Untuk menangkal terjadinya pageblug masyarakat percaya bahwa mengadakan atau mementaskan tari Dongkrek akan terhindar dari hal-hal yang membuat wabah. Penelitian ini menggunakan landasan teori bentuk oleh Sri Rochana Widyastutieningrum, teori fungsi oleh Anthony Shay, dan juga teori makna oleh L.A White. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis berdasarkan data lapangan, dan Teknik yang digunakan ada tiga yaitu observasi, awancara, dan studi Pustaka.Tari Dongkrek Krido Sakti dalam sajiannya memiliki tiga struktur penyajian. Pertama adalah bagian pembuka, kedua adalah bagian saat inti pertunjukan, dan ketiga adalah penutup pertunjukan. Tari Dongkrek Krido Sakti menggunakan topeng sebagai media ungkap atau ekspresinya. Kostum atau busana yang digunakan oleh genderuwo menggunakan pakaian serba hitam dan diberi bulu-buluan, kostum yang digunakan oleh kakek palang menggunakan baju lurik dan juga jarik, serta menggunakan teken sebagai propertinya, kostum yang digunakan roro ayu dan roro perot menggunakan kebaya dan juga jarik. Sentuhan-sentuhan perpaduan warna pada kostum diracik sedemikian rupa guna menambah kesan karakter dari setiap peran. Tari Dongkrek Krido Sakti digelar bersamaan dengan syarat lain yang disediakan untuk mensukseskan pementasannya, salah satunya adalah sesaji. Sesaji adalah media dalam menyampaikan permohonan yang terdiri dari bahan-bahan yang sudah dipilih dan memiliki makna. Perlengkapan sesaji yang dipakai merupakan kebutuhan pokok masyarakat dan memiliki banyak manfaat. Sesaji memiliki makna dan pesan-pesan yang baik dan masih relevan dalam kehidupan masyarakat. Beberapa di antaranya sesaji yang disuguhkan adalah hasil bercocok tanam berupa bahan mentah, bahan matang dan beberapa hasil masak dari bahan ternak. Kata Kunci : Karakter, Fungsi, Makna date: 2024-07-29 date_type: completed institution: INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA department: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: http://repository.isi-ska.ac.id/ referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ali, Muhammad “Hakekat Kepribadian dalam Psikologi Islam”, Jurnal Tarbawiyah, Vol. 13, No.1, Edisi Januari - Juni 2016. Clifford, Geertz. 1981. Abangan Santri Priyayi dalam Masyarakat Jawa Terjemahan dari buku The Religion of Java. Jakarta: Pustika Jaya. Hadi, Sumandiyo. 2005. Sosiologi Tari. Yogyakarta: Pustaka. Hadi, Sumandiyo. 2007. Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. Hadi, Sumandiyo. 2016. Seni Pertunjukan dan Masyarakat Penonton. Yogyakarta: Cipta Media. Kayam, Umar. 1981. Seni, Tradisi, Masyarakat. Jakarta: Penerbit Sinar Harapan Jakarta. Koentjaraningrat. 1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka. Krisnadi, A.R. 2015. “Tumpeng In The Era Of Globalization” Journal of Hospitality and tourist. Kuntowijoyo. 1987. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya. Langer, Suzzane K. 1988. Problematika Seni. Terjemahan F.X Widaryanto. Bandung: Ambu Press STSI. Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh. Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia. Moleong, Lexy J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Murgiyanto, Sal. 1983. Koreografi Pengantar Dasar Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia. Nuraini, Indah. 2011. Tata Rias & Busana Wayang Orang Gaya Surakarta. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta. Padmodarmaya, Pramana. 1988. Tata dan Teknik Pentas. Jakarta: Balai Pustaka. Royce, Anya Peterson. 2007. Antropologi Tari. Terjemahan FX Widaryanto. Bandung: koleksi UPT Perpustakaan ISI Surakarta. Rustopo. 1991. Gendhon Humardani Pemikiran dan Kritiknya. Surakarta: STSI PRESS Surakarta. Sedyawati, Edi. 1981. Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta: Penerbit Sinar Harapan Jakarta. Sedyawati, Edi. 1986. Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: koleksi UPT Perpustakaan ISI Surakarta. Setyaningsih, F. 2020. “The Form and Meaning of the Yadnya Mitoni Human Ceremony with Javanesa Tradition”. Journal of Hindu Religion. 25: 277- 289. Soedarsono. 1972. Djawa Bali Dua Pusat Perkembangan Seni Drama Tradisional Di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Soedarsono, R.M. 1978. Pengantar Pengetahuan Tari dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia. Soedarsono. 1985. Peranan Seni Budaya dalam Kehidupan Manusia Kontinuitas dan Perubahanya. Yogyakarta: UGM. Soedarsono, R.M. 1999. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Soemaryono. 2011. Antropolgi Tari dalam Perspektif Indonesia. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta Subagyo, Hadi. 2008. “Perubahan Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Sintren dalam Kehidupan Sosial Masyarakat Boyongsari Pekalongan”, Jurnal Dewa Ruci: Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 5 No. 1 (Mei 2008). Suryo Negoro (2001). Upacara Tradisional Dan Ritual Jawa. Surakarta: CV. Buana Raya. Wahyudi, Didik Bambang. 2016. Keprajuritan Tari Gaya Surakarta II. Surakarta: ISI Press. Waskito, AA. 2012. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Wahyu Media. Widyastutieningrum, Sri Rochana. 2011. Sejarah Tari Gambyong Seni Rakyat Menuju Istana. Surakarta: ISI Press Surakarta. citation: Larasati, Anissa (2024) FUNGSI DAN MAKNA TARI DONGKREK DI DESA GENDOMAN KABUPATEN MADIUN. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7251/1/Skripsi%20Anissa%20-%20UP.pdf